BKKBN Gandeng Pemkab Indramayu: Memaknai Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender

BKKBN Gandeng Pemkab Indramayu: Memaknai Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender

Diskusi di acara "Dengarkan Aspirasi Perempuan dan Anak Perempuan" pada Hari Kependudukan Dunia 2023 di Kabupaten Indramayu, Kamis, 20 juli 2023. -BKKBN-

INDRAMAYU, HARIAN DISWAY - Pemerintah Kabupaten INDRAMAYU menegaskan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan di rangkaian peringatan Hari Kependudukan Dunia 2023 yang jatuh pada 11 Juli. Pemkab INDRAMAYU juga menekankan kesetaraan gender sebagai salah satu kunci untuk mencapai pembangunan yang berkeadilan.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, SH MH, CRA, menyampaikan hal itu pada peringatan Hari Kependudukan Dunia Tahun 2023, Kamis, 21 Juli 2023 di Lapangan Karangampel, Desa Benda, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu (Jawa Barat).

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si, M.Eng, dengan tema lokal "Dengarkan Aspirasi Perempuan & Anak Perempuan". Turut hadir juga jajaran BKKBN, Forum GenRe Kabupaten Indramayu, dan para kader KB.

Dalam upaya memajukan peran perempuan, Bupati Indramayu menyebutkan pemerintahannya berfokus pada empat sektor utama dalam program pemberdayaan perempuan, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan. Langkah strategis telah dipersiapkan untuk mengatasi isu pemberdayaan perempuan dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's), terutama Tujuan kelima, yakni kesetaraan gender.

Dalam bidang pendidikan, Bupati menyampaikan bahwa capaian rata-rata lama sekolah anak Kabupaten Indramayu pada 2022 untuk perempuan masih rendah, dengan mayoritas hanya tamatan SD atau kelas 1 SMP. Untuk meningkatkan angka ini, pemkab menggenjot program kejar paket (Jaket), di mana warga yang putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan secara gratis.

BACA JUGA:Kolaborasi BKKBN–TNI AL Perang Lawan Stunting di Pelosok Negeri

BACA JUGA:Kolaborasi TNI AL, BKKBN dan Pemprov Jatim untuk Tekan Stunting

Di sektor kesehatan, Kabupaten Indramayu berhasil menurunkan angka kematian ibu menjadi 38 kasus pada 2020, dengan angka kematian yang dilaporkan sebesar 126,44 persen. Upaya penurunan kematian ibu, bayi, dan balita dilakukan melalui pelayanan kesehatan yang lebih fokus pada pelayanan promotif dan preventif, sambil tetap memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif.


Pengecekan kesehatan pada ibu hamil di Indramayu bersama BKKBN, Kamis, 20 Juli 2023.-BKKBN-

Di bidang ekonomi, masih terdapat kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam kesempatan kerja, yang menyebabkan upah perempuan secara keseluruhan menjadi sangat rendah. Untuk meningkatkan pendapatan perempuan, pemerintah Kabupaten Indramayu meningkatkan pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) dan Program Perempuan Berdikari sebagai program pelatihan kewirausahaan bagi purna PMI.

Dalam politik dan pengambilan keputusan, perempuan di legislatif Kabupaten Indramayu berhasil mencapai target kuota 30 persen yang ditetapkan, sementara di eksekutif terdapat beberapa perwakilan perempuan di berbagai tingkatan.

Bupati juga menyebutkan bahwa tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi faktor penghambat upaya peningkatan kualitas dan peran perempuan. Data laporan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak tahun 2022 menunjukkan angka kekerasan pada perempuan dewasa sebanyak 41 orang, anak laki-laki 29 orang, dan anak perempuan 54 orang.

Dalam rangka meningkatkan gizi keluarga dan mempercepat penurunan stunting, Kabupaten Indramayu meraih beberapa penghargaan, termasuk penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan kepada Bupati Indramayu. Capaian ini diraih melalui penurunan angka stunting, capaian program Bangga Kencana, dan inovasi berupa aplikasi Gesit untuk memantau dampak pemberian paket asuhan anak stunting.

Pemerintah Kabupaten Indramayu juga telah membentuk 204 Kampung Keluarga Berencana (KB) dari total 317 desa yang ada di 31 kecamatan. Program Kampung KB diarahkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan mencapai keluarga kecil yang berkualitas.

Acara peringatan Hari Kependudukan Dunia 2023 diisi dengan pemutaran film "Telur Setengah Matang" yang mengisahkan hak-hak perempuan yang terampas saat mereka hamil di usia dini. Sesi dialog juga dilaksanakan dengan menghadirkan berbagai pembicara yang terkait dengan isu-isu perempuan dan kependudukan.

Para peserta acara juga melakukan peninjauan ke Kampung KB yang terletak di Desa Benda, Kecamatan Karangampel, untuk melihat langsung implementasi dari program pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di tingkat lokal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: