Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi di Kabupaten Situbondo Buktikan Sinergitas Tiga Pilar

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi di Kabupaten Situbondo Buktikan Sinergitas Tiga Pilar

Kegiatan bersih desa yang diselenggarakan oleh Desa Paowan.--

HARIAN DISWAY - Proses penyeleksian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 telah selesai dilaksanakan per-hari Selasa, 6 Agustus 2024. Sebanyak 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, telah di seleksi menjadi 114 desa/kelurahan. Dari tiap kota/kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik di daerahnya.

Kabupaten Situbondo merupakan salah satu peserta dalam ajang penghargaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini. Tidak kalah dengan kabupaten/kota lainnya, Situbondo juga mengirimkan desa/kelurahan terbaik di daerahnya yang berhasil memukau para tim penyeleksi APJW II, inilah profil tiga desa yang telah lolos seleksi dari Kabupaten Situbondo.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa dengan kekompakan 3 pilar dari Kabupaten Mojokerto


Tiga Pilar dan Satlinmas Desa Paowan--

Desa Paowan, Kecamatan Panarukan adalah salah satunya. Desa ini dipimpin oleh Kepala Desa Surya Dharma, Babinsa Serma Jerry, serta Bhabinkamtibmas Aipda Ginang sariang. Tiga Pilar Desa Paowan telah bekerja sama secara intensif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kegiatan yang dilakukan meliputi komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, serta kegiatan gotong royong bersama Linmas. Kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa telah berhasil meningkatkan sinergitas dalam menjaga keamanan desa. Selain itu, tiga Pilar juga aktif dalam memberikan pelayanan publik, seperti penerbitan surat izin keramaian, serta mengawal pelaksanaan program pemerintah seperti penyaluran bantuan sosial.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, tiga Pilar mengajak warga untuk bersama-sama menjaga demokrasi dan memperingati hari-hari besar nasional. Kerja sama yang baik antara pemerintah desa, kepolisian, dan TNI ini telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Paowan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa dari Kabupaten Lumajang Miliki UMKM Menarik


Jalan Santai yang Diselenggarakan Oleh Tig Pilar Desa Banyuglugur--

Desa Banyuglugur, Kecamatan Banyuglugur yang dipimpin oleh Kepala Desa Sumarno, Babinsa Makruf Setia Budi, Babhinkamtibmas Bripda Ade Novarifky Darmawan. Desa Banyuglugur telah menjalin kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak dalam rangka pembinaan teritorial, pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pembangunan dan pelayanan publik, serta implementasi program nasional.

Kegiatan yang dilakukan mencakup penentuan batas desa, pembinaan Linmas, patroli bersama, pengamanan kegiatan desa, koordinasi penanganan keluhan masyarakat, pelayanan administrasi kependudukan, pembangunan bedah rumah, koordinasi antar lembaga, pembinaan siswa sekolah, serta partisipasi dalam program-program seperti Rembuk Stunting, Forum Rumah Desa Sehat, penyaluran bantuan langsung tunai, dan sosialisasi bahaya narkoba.

Kolaborasi ini tidak hanya melibatkan pemerintah desa, tetapi juga tokoh masyarakat, pemuda, PKK, dan lembaga lainnya.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa dari Kabupaten Lumajang Miliki UMKM Menarik


Penyeluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan Penangulangan PMK Desa Klatakan--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: