Pemerintah Targetkan Candi Borobudur Bisa Sedot 2 Juta Wisman

Pemerintah Targetkan Candi Borobudur Bisa Sedot 2 Juta Wisman

Wisatawan berfoto di Kaki Candi Borobudur.-Foto: Kemenparekraf-

MAGELANG, HARIAN DISWAY – Pemerintah menargetkan agar Candi Borobudur bisa menyumbang 2 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan jumlah kunjungan Wisman ke salah satu dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini mencapai 2 juta kunjungan selama satu tahun.

Sandi mengatakan, semua upaya dan langkah pengembangan di Candi Borobudur telah sesuai yang direncanakan.

BACA JUGA:Sarhunta Borobudur, Alternatif Penginapan Murah Dekat Kawasan Wisata Magelang

“Semua progres on track, kunjungan wisman di atas target dan kunjungan wisnus (wisatawan domestik,Red) memberikan dampak positif untuk penciptaan lapangan kerja,” papar Sandi seusai Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan 5 DPSP di Magelang, Jumat, 21 Juli 2023. 

Khusus untuk Borobudur, lanjut Sandi, target tersebut mempertimbangkan diantaranya jumlah populasi masyarakat umat Budha di ASEAN. “Jadi bisa diproyeksikan mencapai 2 juta kunjungan wisman dengan target total pendapatan devisa pariwisata mencapai 2 miliar dolar AS,” katanya.

BACA JUGA:Khidmat Peringatan Waisak di Candi Borobudur

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menjelaskan bahwa kunjungan Wisman ini bakal menjadi terobosan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja. 

BACA JUGA:Perayaan Waisak Gerakkan Sektor Parekraf Sekitar Borobudur, Hotel dan Homestay Penuh

Bukan hanya untuk masyarakat Magelang tapi juga yang ada di sekitarnya seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah secara umum.

“Kami sepakat untuk berkolaborasi membangun ekonomi dan membangun destinasi yang akan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat. Tujuannya agar Candi Borobudur mampu memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” katanya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: