Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Jalan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1 Ruas Kartosuro, Solo -Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1 ruas Kartosuro - Purwomartani ditargetkan rampung pada tahun 2024. 

Saat ini Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo - Yogyakarta.   

Jalan tol tersebut rencananya akan tersambung dengan akses menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo. Jalan tol ini diharapkan meningkatkan konektivitas dan mengurai kemacetan di Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 

BACA JUGA:Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Pembebasan Tanah Masih 65 Persen

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, saat ini tengah diselesaikan pembangunan seksi 1 dari Kartosuro hingga Simpang Susun (SS) Purwomartani, Kabupaten Sleman dengan target rampung pada tahun 2024.   

“Untuk PSN Tol Solo-Yogyakarta, tahun 2024 semoga sudah dapat dimanfaatkan masyarakat sampai Purwomartani. Karena tol ini memang sudah sangat ditunggu,” kata Basuki dalam keterangannya Sabtu, 22 Juli 2023. 

Basuki mengatakan, kehadiran tol ini akan sangat membantu konektivitas antar dua metropolitan yakni Yogyakarta dan Surakarta. Ia menyebut, setiap harinya lebih dari 25 ribu kendaraan melewati jalur Solo-Yogyakarta. 

BACA JUGA:Pembebasan Lahan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Rampung Akhir 2023.  

“Sehingga sudah crowded, bahkan di periode tertentu sangat macet. Segera kita selesaikan supaya lalu lintasnya lebih lancar lagi," kata Basuki.

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo memiliki total panjang 96,57 Km dengan nilai investasi sekitar Rp. 27,48 triliun. 

Diharapkan dengan selesainya jalan tol ini dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah segitiga emas Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Jalan Tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang – Solo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: