Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Pembebasan Tanah Masih 65 Persen

Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Dimulai, Pembebasan Tanah Masih 65 Persen

Progress pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Banyurejo-Sleman-Jasa Marga-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY - Pembangunan Jalan Tol YOGYAKARTA-Bawen kini memasuki seksi pertama yang membentang dari Junction (JC) Sleman hingga ke Banyurejo

PT Jasamarga Jogja-Bawen (PT JJB) melaporkan bahwa saat ini progress konstruksi seksi 1 mencapai 31 persen. Pengelola Jalan Tol sepanjang 76 kilometer ini optimistis pengerjaan sesuai dengan rencana. 

“Progress konstruksi untuk Seksi 1 Junction (JC) Sleman-Banyurejo mencapai 31,31 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 65,64 persen hingga akhir Juni 2023,” kata Dirut PT JJB, A.J. Dwi Winarsa. 

BACA JUGA:Pemerintah Kantongi Izin Pembangunan Jalan Tol Dari Keraton Yogyakarta

Direktur Utama PT JJB, A.J. Dwi Winarsa menjelaskan, secara keseluruhan trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dibagi menjadi 6 seksi dengan total panjang jalan tol 76,3 Km. 

Dwi menjelaskan, pihaknya memberikan prioritas untuk konstruksi Seksi 1 JC Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo sepanjang 8,8 Km dan Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 Km. 

Konstruksi untuk kedua seksi ini ditargetkan rampung pada Kuartal IV Tahun 2024 yang nantinya akan beroperasi terlebih dahulu. “Untuk seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo,” jelas Dwi. 

BACA JUGA:Pembebasan Lahan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Rampung Akhir 2023.  

Setelah itu, progres konstruksi akan dilanjutkan pada tiga seksi lainnya yaitu Seksi 2 SS Banyurejo hingga Borobudur, Seksi 3 Borobudur sampai SS Magelang dan Seksi 4 SS Magelang sampai SS Temanggung. 

Seksi 5 SS Temanggung-SS Ambarawa sepanjang 21,4 Km akan menjadi seksi terakhir yang menjadi prioritas konstruksi dan akan melengkapi pengoperasian Jalan Tol Yogyakarta-Bawen secara penuh. 

BACA JUGA:Rawan Banjir, Kementerian PUPR Bangun Sistem Pengendali Di Dekat Bandara YIA

Hal ini, kata Dwi menyesuaikan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari Pemerintah serta menimbang kondisi geografis yang berupa perbukitan. ”Rencananya PT JJB akan melakukan pembangunan tunnel/terowongan sepanjang 500 meter di seksi ini,” jelasnya. 

Dengan beroperasinya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen secara penuh, maka perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat. Dari sebelumnya memakan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: