Kisah Pangdam V/Brawijaya Mayjen Farid Makruf Bikin Babinsa Ngakak

Kisah Pangdam V/Brawijaya Mayjen Farid Makruf Bikin Babinsa Ngakak

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menyapa Babinsa yang hadir di Brawijaya Awards, Senin, 24 Juli 2023.-Boy Slamet/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf berbagi cerita lucu pada Brawijaya Awards 2023 di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, SURABAYA, Senin, 24 Juli 2023. Lucu tapi nyata. 

Kisah itu terjadi saat  ia menjadi Kasrem di Markas Komando Korem 121/Alambhana Wanawwai di Sintang, Kalimantan Barat. Ia kedatangan panglima divisi dan wakil panglima divis saat pergantian pasukan pengaman antara Indonesia dan Malaysia di perbatasan Kalimantan Barat.

Dalam pidatonya, Mayjen Farid Makruf mengenang momen ketika wakil panglima mendekatinya dan bertanya dengan tulus, "Pak Kolonel, bisakah saya melihat para Babinsa melakukan upacara hari ini?"

Mayjen Farid Makruf merasa heran dengan pertanyaan tersebut, namun dengan rasa usil ia bertanya: mengapa wakil Panglima ingin melihat para Babinsa?

BACA JUGA:Pangdam V Brawijaya Didaulat Sebagai Tokoh Inspiratif Jawa Timur

BACA JUGA:Spirit Babinsa: Brawijaya Awards Bukan Soal Menang Kalah

"Wakil Panglima bilang, karena saya dengar para Babinsa itu begitu hebat," ucap Mayjen Farid Makruf yang didampingi Founder Harian Disway di panggung utama.

Ia kemudian menyampaikan jawabannya dengan bangga. "Babinsa itu adalah pasukan siluman, mereka tidak terlihat tetapi ada di mana-mana," ucapnya. Hadirin hening.

"Loh, kalau begitu lebih hebat dari pasukan khusus? Karena pasukan khusus setelah usia mulai menua, mereka akan mencari yang namanya komando rayon militer (Koramil)," ucap jenderal bintang dua itu, lalu dikuti ledakan tawa dari Babinsa yang hadir.


Kemeriahan Brawijaya Awards di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Senin, 24 Juli 2023.-Julian Romadhon/Harian Disway-

Katanya, Babinsa bukanlah untuk dipamerkan, melainkan untuk bekerja dan mengabdi kepada masyarakat. Mayjen Farid Makruf menambahkan bahwa saat wakil panglima mencari Babinsa, ternyata didekatnya ada seorang Babinsa tengah mengangkat sound system dan menyiapkan perangkat upacara. Dan dia tidak tahu. Itu menunjukkan betapa para Babinsa selalu setia tanpa memandang tugas.

"Babinsa itu, Bapak Ibu sekalian, dari mengurus orang lahir sampai orang meninggal, dari urusan nikahan hingga urusan utang. Betul kan, Babinsa? ucap Mayjen Farid Makruf dengan penuh semangat. Semua memberikan tepuk tangan. Dahlan Iskan tersenyum lebar di samping Pangdam.

Dalam kesempatan itu, Mayjen Farid Makruf juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tertinggi kepada para Babinsa yang bekerja sebagai garda terdepan dan patriot TNI Angkatan Darat. Selama menjabat sebagai Pangdam, ia merasa beruntung memiliki atasan seperti Panglima TNI yang memberikan dukungan.

BACA JUGA:Pantau Gladi Resik Brawijaya Awards 2023, Dahlan Iskan Ingin Kenakan Pakaian Pejuang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: