Brawijaya Awards, Madura dan Pendalungan Dominasi Juara

Brawijaya Awards, Madura dan Pendalungan Dominasi Juara

Para Juara Babinsa Awards berpose bersama Pangdam V Farid Makruf dan Istri, Dahlan Iskan, Anggota DPR RI Indah Kurniawati, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Istri, Arumi Bachsin -Julian Romadhon/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kompetisi Babinsa Inspiratif Brawijaya Awards 2023 berakhir dengan pemberian hadiah dan penghargaan di Aula Balai Prajurit Makodam V/Brawijaya Senin malam, 24 Juli 2023. 

Dari 10 kategori yang dilombakan, masing-masing dipilih 1 pemenang dan 1 runner up. 20 orang line-up pemenang didominasi oleh Babinsa dari Kodim wilayah Madura-Pendalungan. 

Dari 10 juara pertama, 5 direbut oleh babinsa wilayah timur. Meliputi Pelda Andik Risdianto dari Pasuruan, Pelda Ahmad Ridlo’i dari Probolinggo, Sertu Eko Wahyudi dari Situbondo, serta Serma Nurhadi dan Sertu Widi Hidayat yang sama-sama berasal dari Banyuwangi. 

BACA JUGA:Spirit Babinsa: Brawijaya Awards Bukan Soal Menang Kalah

Satu kategori yakni Olahraga dimenangkan oleh Serma Agus Jaenal Aripin dari Kodim Sampang. Sementara 4 sisanya dimenangkan masing-masing oleh Kodim Kediri, Malang-Batu, Tulungagung dan Gresik. 

Kediri berhasil menguasai wilayah Pemberdayaan Pemuda dengan Sertu Abu Nur Arifin sebagai juaranya. Kodim Malang-Batu meraih kategori Pendidikan dengan Sertu Tri Joko Purwanto sebagai juaranya. 

Tulungagung berhasil memuncaki kategori Aksi Sosial dengan Serda Ribut Juprianto sebagai juaranya. Sementara Gresik menaklukkan kategori kesehatan dengan aksi merawat Balita Stunting yang dilakukan oleh Serka Izza Elmy. 

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Pemenang Kategori Akan Mendapatkan Motor Listrik

Dominasi wilayah timur juga bisa dilihat dari perolehan runner up. Dimana 4 dari juara dua diraih oleh Serma Eko Suryadi dari Sampang, Serma Chairul Ardiansyah dari Sumenep, Pelda Iwan Abdillah dari Jember, serta Serka Tri Suharyono dari Bondowoso. 

Kodim 0825 Banyuwangi keluar dengan hasil gemilang. Mereka mencatatkan double kill dengan 2 babinsanya yakni Serma Nurhadi dan Sertu Widi Hidayat masing-masing menjadi juara 1 di kategori Lingkungan dan Pangan. 

Kodim 0828 Sampang juga memborong 2 gelar. Yakni juara 1 Kategori Olahraga yang diwakili oleh Serma Agus Jaenal Aripin, dan juara 2 Kategori Pemberdayaan Pemuda yang diwakili oleh Serma Eko Suryadi. 

BACA JUGA:Kisah Pangdam V/Brawijaya Mayjen Farid Makruf Bikin Babinsa Ngakak

Selain itu, ada juga Kodim 0832 Surabaya Selatan yang memborong 2 runner up yakni juara 2 Kategori Kerukunan Antar Umat Beragama dan Kategori Olahraga.

Menurut Ketua Tim Juri Noor Arief Prasetyo, dominasi wilayah timur ini bisa disebabkan dari beberapa faktor. Yang pertama karena wilayah geografis dan medan yang cukup menantang. Juga kondisi perkembangan wilayah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: