Pemenang Kategori Ekonomi: Tidak Cukup Kambing, Eko Siap-Siap Ekspansi Ayam

Pemenang Kategori Ekonomi: Tidak Cukup Kambing, Eko Siap-Siap Ekspansi Ayam

Sertu Eko Wahyudi menerima penghargaan dari Ibu Wagub Jatim Arumi Bachsin sebagai Juara 1 Kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat-Julian Romadhon/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wajah Eko tampak sumringah setelah ditetapkan menjadi juara 1 kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Brawijaya Awards 2023. 

Dalam kompetisi antar Babinsa se Jawa Timur tersebut, Eko mencuri perhatian tim juri dengan program peternakan kambing Babinsa Idaman Farm Kandang Alas yang ia gagas bersama warga Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Sejak Januari 2023 dimulai dengan 4 ekor kambing, pada Juni lalu sudah berkembang jadi 80 an ekor kambing. “Sekarang sudah seratus lebih pak,” cerita Eko.  


Pemenang kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sertu Eko Wahyudi dan Sertu Muhammad Zuhana menerima pengharagaan dari Ibu Wagub Jatim Arumi Bachsin dan Ibu Kasdam V/Brawijaya Eva Niko Fahrizal-Julian Romadhon/Harian Disway-
BACA JUGA:Pemenang Kategori Kerukunan Umat Beragama: Pelda Ahmad Ridlo’i Optimis Menang Sejak Awal

Berkat BI Farm Kandang Alas, Eko bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi beberapa warga. Mereka yang tidak punya pekerjaan tetap diajak untuk jadi peternak. Kalau kambingnya beranak pinak, satunya milik pemilik kambing, satunya jadi milik peternak.

Sebagai “Direktur Utama” BI Farm Kandang Alas, Eko kini sudah menyiapkan rencana ekspansi bisnis. Tidak cukup kambing, dalam waktu dekat Eko akan membuka peternakan ayam. 

Di belakang panggung Penganugerahan Babinsa Awards, Eko mencerita rencana besarnya tersebut pada Ketua Tim Juri wilayah 3 Taufiqur Rahman.

BACA JUGA:Inilah Para Babinsa Inspiratif Juara Babinsa Awards 2023 

Memelihara ayam tentu saja tidak semudah kelihatannya. Tapi Eko sudah menyiapkan jurus jitu. Produksi pakan akan menjadi mirip seperti Silvopastura kandang kambing BI Farm.  

“Ada kayu yang lapuk kita siram, terus letakkan di dasar kandang. Nanti lama kelamaan muncul ulat untuk jadi pakan,” katanya direspon oleh Taufiq dengan manggut-manggut karena tidak begitu paham. 

Namun lebih dari apapun, Eko mengaku sangat terharu atas penghargaan yg diberikan padanya. “Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Pangdam dan Harian Disway yang sudah mensupport kami para Babinsa,” paparnya. 

Dalam kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Eko menjadi pemenang bersama Sertu Muhammad Zuhana, Babinsa Kodim Pacitan yang menginisiasi bisnis UMKM Keripik dan Sale Pisang di desa binaannya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: