Dua Pasangan Ganda Putra Tersingkir, Fajar/Rian Melaju ke Babak 16 Besar Japan Open 2023

Dua Pasangan Ganda Putra Tersingkir, Fajar/Rian Melaju ke Babak 16 Besar Japan Open 2023

FAJAR ALFIAN/Muhammad Rian Ardianto setelah mengalahkan pasangan He Jiting/Zho Haodong di babak pertama Japan Open 2023, di Yoyogi National Gymnasium Tokyo, 26 Juli 2023. -PP PBSI-

HARIAN DISWAY – Dominasi sektor ganda putra Indonesia tidak sekuat dulu. Terbukti, dari empat pasangan yang sudah bermain di babak pertama Japan Open 2023, hanya dua yang lolos ke babak kedua. Dua lainnya kandas.

Dua pasangan ganda putra yang tumbang itu adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia YY Rambitan serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Yang lolos ke babak kedua adalah M Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/M Rian Ardianto. Sedangkan Bagas Maulana/M Shohibul Fikri baru bermain sore ini.

BACA JUGA: Fajar/Rian Kalah di Final Korea Open 2023, Ini Komentar Pelatih Aryono Miranat

Buat Fajar/Rian pun, kemenangan tidak diraih dengan mudah. Mereka harus berjibaku selama tiga game menghadapi pasangan Tiongkok He Jiting/Zhou Haodong. Pertandingan juga berjalan alot. Fajar/Rian butuh waktu 1 jam 8 menit untuk menang 20-22, 21-17, 21-10.

Karena itu, meski menang, Fajar/Rian tidak langsung puas. Pasangan nomor satu dunia itu mengaku butuh banyak evaluasi.

’’Lawan bermain baik, terutama di game pertama. Mereka tidak mudah dimatikan, dan saya banyak melakukan kesalahan sendiri,’’ ulas Fajar, dalam rilis pers yang dibagikan PP PBSI. ’’Dari segi kecepatan, kami juga masih lambat. Servis saya nyangkut di poin 20-19 game pertama. Itu kecolongan, dalam arti tidak boleh lagi seperti itu di poin kritis,’’ paparnya.

BACA JUGA: Anthony Sinisuka Ginting Tumbang di Babak Pertama Japan Open 2023

Di game kedua, Fajar/Rian mengawali pertandingan dengan kurang mulus. Mereka tertinggal 8-11 saat interval. Itu bertahan sampai beberapa poin kemudian. Namun, akhirnya mereka bisa membalikkan keadaan.

’’Saat tertinggal di game kedua itu, kami mencoba mengubah dari strategi servisnya dan lumayan berhasil mendapat banyak poin. Dari sana titik balik pertandingan hari ini buat kami,’’ Rian menjelaskan.

Game ketiga terlihat lebih mudah bagi Fajar/Rian. Mereka mengaku tidak membuat perubahan berarti dari segi permainan. Namun, mereka melihat, fokus dan konsentrasi lawan menurun. ’’Mungkin karena setelah sempat unggul di gim kedua dan akhirnya kalah jadi sulit untuk kembali menemukan momentumnya,’’ duga Fajar.

’’Kami sudah berekspektasi memang akan mendapat perlawanan ketat dari mereka. Di sini saya melihat, lawan cocok dengan kondisi shuttlecock yang berat. Tidak mudah, tapi alhamdulillah kami bisa menang,’’ jelasnya.

BACA JUGA: Fajar Alfian/M. Rian Ardianto Ingin Tebus Kegagalan di Korea Open 2023

Di babak 16, Fajar/Rian sudah ditunggu pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Rian mengakui, kondisi fisik mereka sedikit menurun setelah melaju ke final Korea Open pekan lalu. Namun, itu tidak boleh menjadi penghalang untuk menampilkan yang terbaik.

’’Kami kami coba mengatur. Pintar-pintar jaga kondisi. Kami sudah menyiapkan semua hal untuk tiga turnamen, jadi kami mau terus fit di sisa tur pertandingan ini,’’ janji Rian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi