Prof. Dr. Kh. Said Aqil Siroj, M.A. Hadiri Pembukaan Buddhayana Culture Expo 2023 yang Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Cabang Surabaya

Prof. Dr. Kh. Said Aqil Siroj, M.A. Hadiri Pembukaan Buddhayana Culture Expo 2023 yang Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Cabang Surabaya

Sambutan oleh Mustasyar PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj,. M. A dalam Buddhayana Culture Expo 2023.-Muhammad Ahkyar Shubekhi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menyambut Bulan Asadha dan 100 Tahun Y.A. M.N.S. Ashin Jinarakkhita Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) cabang Surabaya menggelar Buddhayana Culture Expo 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya. Acara hingga 30 Juli 2023 itu resmi dibuka pada 26 Juli 2023.
Penyerahan plakat kepada Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj dan para tamu VIP. -Muhammad Ahkyar Shubekhi-

BACA JUGA: Buddhayana Cultural Expo di Pakuwon Mall Surabaya, Pamerkan Benda Suci dari Tiga Tradisi Besar

Buddhayana Culture Expo 2023 merupakan acara yang memberikan edukasi tentang perkembangan agama Buddha. Tak hanya edukasi, Buddhayana Cultural Expo 2023 memiliki beberapa rangkaian acara.

Dalam lima hari berturut-turut, agenda sangat beragam. Ada Dhamma Talk oleh anggota Sangha dan kalangan profesional. Ada lomba untuk anak-anak dan kalangan mahasiswa seperti fashion show, menggambar, dan debat.

"Juga Membatik Berkesadaran, Single Night Gathering, Baby & Kids Blessing, Talk Show & Senam AWS3, pergelaran wayang Potehi serta pertunjukan seni lainnya,” kata Ketua Panitia Yan Purnomo Gunawan.

Yang membanggakan panitia, acara yang bertema “Persatuan Dalam Keberagaman” itu dihadiri oleh salah seorang ulama Indonesia. Yakni Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. Kh. Said Aqil Siroj, M.A. yang juga mantan Ketua Dewan Eksekutif Nahdlatul Ulama.

Peresmian pembukaan secara simbolis oleh para tamu VIP.-Muhammad Ahkyar Shubekhi-

Menurut Mustasyar PBNU tersebut, acara Buddhayana Culture Expo tersebut sangat penting. Karena dapat mengenang sejarah. “Agar bisa mengenal dan mengenang sejarah, meneladani para tokoh agama kita yang telah mendahului kita,” katanya.

Menurutnya tanpa mengenang sejarah dan para leluhur, eksistensi menjadi keropos dan mudah hancur. “Agama yang paling penting adalah membangun kemanusiaan dan agama prinsip adalah membangun persaudaraan” tambahnya.

Pembukaan Buddhayana Culture Expo 2023 diawali dengan doa oleh Y.M. Nyanadharmamaitri Mahathera. Tampak hadir para tokoh-tokoh penting agama, perwakilan dari pemerintahan, dan perwakilan dari Pakuwon Mall Surabaya.

Mereka ini bersama-sama menyentuh tombol digital yang ada dilayar monitor. Menandakan diresmikannya Buddhayana Culture Expo 2023. Dilanjutkan penyerahan plakat oleh ketua MBI Surabaya kepada para tamu VIP yang hadir.

Setelah itu para tamu dan pengunjung yang datang diajak berkeliling melihat pameran atau tur pameran. Kemudian dilanjutkan dengan agenda lainnya seperti Dhamma Talk. (Dwi Sukma Fitriani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: