Gus Ipul Perdana Ikuti Sedekah Laut Kota Pasuruan

Gus Ipul Perdana Ikuti Sedekah Laut Kota Pasuruan

Gus Ipul ikut mengikuti arak-arakan prosesi sedekah laut masyarakat pesisir Kota Pasuruan -Lailiyah Rahmawati -

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wali Kota PASURUAN Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menghadiri acara sedekah laut, Minggu, 30 Juli 2023. Itu kehadiran perdana Gus Ipul di tengah-tengah masyarakat utara Kota PASURUAN sejak dilantik sebagai wali kota PASURUAN. Acara sedekah laut dilaksanakan masyarakat Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota PASURUAN, sebagai wujud rasa syukur hasil laut yang melimpah berupa hasil tangkapan ikan dan kekayaan laut lainnya. 

Gus Ipul mengungkapkan, hasil laut yang melimpah harus disyukuri karena merupakan nikmat dari Allah SWT. Gus Ipul mengatakan, bentuk syukur juga harus dibarengi dengan komitmen menjaga ekosistem laut dan tidak merusaknya. 

BACA JUGA:Gus Ipul Ajak Ngobrol Ratusan Sopir Angkot Biar Tetap Eksis

BACA JUGA:Gus Ipul Titip Doa bagi Kota Pasuruan kepada Jamaah Calon Haji

BACA JUGA:Pimpin Kota Pasuruan, Gus Ipul Raih WTP Tiga Kali Berturut-turut

"Allah memerintahkan supaya yang namanya bumi ini dijaga. Jangan dirusak. Di dalam Al-qur'an disebutkan, suatu saat kamu akan menyaksikan laut kita rusak, gunung kita rusak, bumi kita hancur diakibatkan tangan manusia sendiri, maka Allah memerintahkan kita semua agar menjaga bumi," tutur Gus Ipul. 

Ia melanjutkan, jika setiap tahun manusia di muka bumi ini bertambah, harus diupayakan cara yang benar agar tidak terjadi pemanasan global.

"Laut jangan dibuat buang sampah. Ini bagian rasa syukur kita semua. Lautnya dijaga. Rumah ikannya jangan dirusak dengan bom ikan. Sebab, kalau dirusak, ikannya lari. Nelayannya pun ndak dapat ikan. Kalau nelayan ndak dapat ikan, keluarganya ya susah, yang beli juga susah, karena ikannya ndak ada," ujar Gus Ipul. 

BACA JUGA:Gus Ipul Rayakan Puncak Hardiknas dengan 2.500 Pelajar Se-Kota Pasuruan

BACA JUGA:Gus Ipul: Tugas Guru Adalah Membuat Siswa Betah di Perpustakaan

BACA JUGA:Gus Ipul: Bromo KOM Challenge 2023 Membantu Promosi Wisata di Kota Pasuruan

Gus Ipul berharap, dengan sedekah laut itu, selain bersyukur kepada Allah SWT, kuatkan tekad untuk sama-sama menjaga laut.

"Saya titip kepada bapak/ibu yang tinggal di pesisir pantai. Ini adalah anugerah Allah SWT. Ini adalah sesuatu yang indah buat kita. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama," ujarnya.

Gus Ipul kemudian mengikuti acara arak-arak menuju perahu yang telah disediakan. Orang nomor satu di Kota Pasuruan itu kemudian ikut berlayar ke tengah laut bersama ratusan nelayan dan masyarakat pesisir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: