Jembatan Kereta Api Simpang Joglo Solo Beroperasi Juni 2024, Teknologi Pertama Buatan Anak Bangsa

Jembatan Kereta Api Simpang Joglo Solo Beroperasi Juni 2024, Teknologi Pertama Buatan Anak Bangsa

Jembatan Kereta Api Simpang Joglo, Solo. Jembatan layang kereta pertama di Asia dengan konstruksi kerangka besi bulat buatan dalam negeri-BPT Kelas I Jawa Tengah-

SOLO, HARIAN DISWAY - Jembatan Kereta Api di Simpang Joglo Kota SOLO akan menjadi jembatan layang Kereta Api pertama buatan dalam negeri yang melibatkan banyak komponen lokal.  

Pada Minggu, 30 Juli 2023, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres proyek perkeretaapian tersebut sekaligus memberikan pengarahan kepada jajaran Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah I Jawa Bagian Tengah.

“Kita mengupayakan penyelesaian pembangunan jembatan rel kereta api elevated (layang) sepanjang 270 meter di Simpang Joglo ini. Ditargetkan pada bulan Juni 2024 sudah dapat digunakan,” ujar Menhub.

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024


Pengangkatan kerangka jembatan kereta api Simpang Joglo, Kota Solo-BTP Kelas I Jawa Tengah-

Menhub mengungkapkan, rangka jembatan yang digunakan dalam pembangunan jembatan rel kereta api ini menggunakan besi bulat dan sebagian besar pengerjaannya merupakan karya anak bangsa. 

“Teknologi ini merupakan yang pertama dilakukan di Asia Tenggara dan 90 persennya adalah produk lokal,” ucap Menhub.

Dengan dibangunnya rel layang ini, diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi akibat adanya perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo. 

BACA JUGA:Kecelakaan Kereta Api Brantas 112, Truk Tidak Terobos Perlintasan

Persimpangan tersebut merupakan jalur ganda KA Solo-Semarang sangat penting untuk meningkatkan keterhubungan antara kota Solo, Semarang, Purwokerto, dan Yogyakarta yang tergabung dalam wilayah aglomerasi Joglosemar. 

Selain jembatan layang Simpang Joglo ini, sejumlah proyek peningkatan perkeretaapian saat ini tengah dilakukan di Jawa Tengah, termasuk di Solo.  


Kerangka jembatan layang Kereta Api Simpang Joglo, Solo menggunakan konstruksi besi bulat buatan dalam negeri-BPT Kelas I Jawa Tengah-

Pada tahun 2022 sampai 2024 tercatat beberapa proyek meliputi  pembangunan Jalur Ganda KA antara Solo – Semarang Fase I dari Solo Balapan ke Stasiun Kalioso

BACA JUGA:Pasca Kecelakaan Kereta Brantas 112, Kemenhub Tambah Instrumen Peringatan Dini di Perlintasan Sebidang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: