Cheng Yu Pilihan Guru Besar Hukum Bisnis Universitas Tarumanagara Ariawan Gunadi: Zhao Xi Bu Juan

Cheng Yu Pilihan Guru Besar Hukum Bisnis Universitas Tarumanagara Ariawan Gunadi: Zhao Xi Bu Juan

Cheng Yu Ariawan Gunadi--

ANDA tidak usah heran bila Ariawan Gunadi memperoleh kesuksesan karier akademik seperti sekarang. Dari dulu ia memang sudah menanamkan prinsip, "Bekerja ketika orang lain bermalasan. Bangun ketika orang lain tidur. Berlari ketika orang lain berjalan." Ia adalah representasi nyata dari cheng yu atau pepatah Tiongkok, "朝夕不倦" (zhāo xī bù juàn): tak pernah lelah berusaha dalam segala situasi dan kondisi. 

Hasilnya nyata. Ariawan adalah doktor termuda yang lulus dari jurusan hukum Universitas Indonesia (UI). Ketika pada 6 Oktober 2012 berhasil mempertahankan disertasinya dengan nilai cumlaude, ia baru berusia 27 tahun.

Tidak berhenti di situ. Ariawan terus menerapkan moto hidupnya tersebut dalam mewujudkan cita-citanya sebagai guru besar. Berhasil. Senin (24/7) kemarin, ia dinobatkan sebagai guru besar hukum di Universitas Tarumanagara, Jakarta. Dan, lagi-lagi, Ariawan memecahkan rekor: sebagai Guru Besar Hukum Bisnis Termuda versi Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Kunci suksesnya tetap sama. "Jangan mengejar mimpi di saat kita tidur. Kejarlah mimpi di saat kita tidak bisa tidur," kata Ariawan.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko: Quan Xin Quan Yi

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pengusaha Jalan Tol Jusuf Hamka: Xiang Shu You Pi

Ada kisah menarik. Deng Xiaoping, negarawan yang menjadikan Tiongkok semelesat sekarang kemajuannya, berkunjung ke Jepang. Itu pada awal-awal kebijakan Reformasi dan Keterbukaan besutannya diberlakukan. Ia naik Shinkansen. 

Di dalam Shinkansen, pejabat Jepang menjelaskan panjang lebar mengenai kecepatan dan kecanggihan kereta cepat ini kepada Deng. Ia diam saja. Tak berkomentar apa-apa. Hingga sampai waktunya untuk turun, Deng tiba-tiba bersuara, "Tiongkok tidak bisa lagi mengejar ketertinggalan dengan cuma berlari, apalagi berjalan. Kita harus terbang!"

Ariawan mungkin juga berpikiran begitu. Kalau ingin maju, ya jangan berleha-leha. Sebab, ditegaskan adagium Tiongkok, "成人不自在,自在不成人 (chéng rén bù zì zài, zì zài bù chéng rén): jika ingin menjadi orang yang sukses, maka tidak boleh bersantai-santai; orang yang bersantai-santai tidak akan pernah menjadi orang yang sukses.

Prof Dr Ariawan Gunadi SH MH telah membuktikannya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: