Untaian Kabel Makan Korban di Jakarta

Untaian Kabel Makan Korban di Jakarta

Kabel semrawut di DKI Jakarta -BAMBANG DWI ATMODJO-DISWAY.ID-disway.id

Centang perenang kabel di udara Jakarta makan dua korban. Sopir ojol, Vidam, 31, tewas lantaran tersangkut kabel Kamis, 3 Agustus 2023. Mahasiswa Sultan Rif’at, 20, bisu gara-gara tenggoroknya terjerat kabel. Kini Pemprov DKI akan membenahi kabel-kabel yang sebagian warisan zaman Belanda itu.

UDARA Jakarta meriah kabel. Kabel-kabel warisan zaman Belanda adalah kabel listrik. Bentuk kabel paling besar  berdiameter 3 sentimeter warna hitam.

Lalu, ditumpangi kabel telepon. Supaya tidak menggelantung, ditambahi tiang, ditancapkan menempel di tiang listrik. Lalu, didomplengi kabel wifi. Lalu, ditumpuk pula kabel fiber optik. Itu di atas trotoar di pinggir jalan.

Korban tewas Vidam. Sopir ojek online (ojol).

Jumat, 28 Juli 2023, sekitar pukul 23.00 WIB, ia mengendarai motor cari penumpang. Lewat di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat.

Tahu-tahu Vidam terlempar. Helmnya lepas, jatuh menggelinding. Motornya ambruk beberapa meter di depannya. Dalam kondisi gelap tapi lalu lintas ramai, Vidam tergeletak di kanan jalan. 

Tidak ada yang tahu, bagaimana proses jatuhnya. Tapi, di situ ada kabel mengular, menghalangi jalan. Lantas, kabel disingkirkan pengguna jalan.

Kepala Unit Gakkum Polres Metro Jakarta Barat AKP Agus Suwito kepada wartawan, Sabtu, 29 Juli 2023, mengatakan, ”Kecelakaan tunggal. Korban terjerat kabel melintang di tengah jalan.”

Lalu lintas sempat macet. Sebab, warga takut memegang kabel. Sampai muncul orang yang berani pegang kabel, lalu menyingkirkannya ke pinggir jalan. Kabel jadi melingkar-lingkar di pinggir jalan.

Vidam dilarikan ke RS Pelni di Jalan K.S. Tubun, Jakarta Barat. Terdekat dari lokasi. Ternyata Vidam luka berat pada kepala. Juga, lebam pada dada, memanjang bekas jeratan kabel.

Vidam meninggal dunia Kamis, 3 Agustus 2023. Kasatlantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Maulana Karepesina kepada wartawan, Kamis, membenarkan adanya peristiwa itu, ”Ya, korban Vidam meninggal dunia.”

Hidup orang selesai begitu saja. Mati konyol. Tidak ada yang bertanggung jawab. Kata polisi, itu kecelakaan tunggal. Beres. 

Korban kedua, Sultan Rif’at Alfatih, warga Jakarta yang kini mahasiswa FISIP, Universitas Brawijaya, Malang.

Kamis, 5 Januari 2023, sekitar pukul 22.00 WIB, Sultan yang sedang libur semester berada di rumahnya di Bintaro, Jakarta Selatan. Ia didatangi beberapa teman SMA, diajak reuni jalan-jalan, naik motor sendiri-sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: