Veni Mecum Festival: Perayaan 75 Tahun Seminari Garum dan Perjalanannya

Veni Mecum Festival: Perayaan 75 Tahun Seminari Garum dan Perjalanannya

Suasana pameran lukisan sebagai bagian dari Veni Mecum Festival, 2-5 Agustus 2023 di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Pakuwon City.-Dok. Panitia Vecumfest-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Veni Mecum Festival (Vecumfest), acara puncak yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan 75 tahun Seminari Garum, telah sukses diselenggarakan dengan meriah. Acara yang digelar di Widya Mandala Hall, 2-5 Agustus 2023, itu memang menjadi pengingat fungsi seminari sebagai salah satu jantung lestarinya agama Katolik.

 

Seminari merupakan jantung keuskupan. Khusus Seminari Garum, sejarahnya membentang sejak 26 Juni 1948. Ketika itu, Romo Ignasius Dwijasoesastra membawa delapan calon siswa seminari berkumpul di Kediri menuju Surabaya. Pada 29 Juni 1948, Mgr Dr Michael Verhoeks CM mendirikan seminari menengah pertamanya di Keuskupan Surabaya. Seminari atau sekolah calon pastor itu kemudian dikenal sebagai Seminari Garum.

 

Mengapa Garum? Nama ini diambil dari lokasi Seminari yang berada di Kecamatan Garum, Blitar, sejak tahun 1958.

 

Sebelumnya, Seminari itu juga pernah dikenal sebagaiSeminari Kepanjen karena alamat Jl. Kepanjen No. 9 Surabaya. Atau Seminari Dinoyo di Jl. Dinoyo No. 42 yang sekarang menjadi kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

 

Romo Yuventius Fusi Nusantoro, Rektor Seminari Menengah Vincentius a Paulo Garum, mengungkapkan, "75 tahun seminari ini adalah anugerah ilahi."

 

BACA JUGA : Vecumfest The Spirit of Mission: Charity Concert & Expo Digelar di Surabaya

BACA JUGA : ’’Kuliah’’ Pengantar Jurnalistik di Harian Disway, Mahasiswa Widya Mandala Diskusi dengan Dahlan Iskan

BACA JUGA : Orange Band Ramaikan Event Jazz To Campus di Universitas Widya Mandala

 

Rangkaian perayaan pesta platinum itu sudah dimulai pada Maret 2023. Acaranya beragam. Termasuk open house, pemberkatan galery seminari, dan Café Pastor. Pada 30 April 2023, digelar juga Sarasehan Alumni Seminari Garum.

 

Puncak acara dirayakan pada 5 Agustus 2023 dengan Veni Mecum Festival dengan tema The Spirit of Mission.

 

Romo Robertus Theo, Produser dan Direktor Veni Mecum Festival, menyatakan harapannya dalam mengenalkan Seminari Garum melalui Vecumfest. "Ini merupakan kebanggaan bagi kami. Meskipun Seminari Garum berada di desa, kami berhasil menyelenggarakan acara sebesar ini dengan banyak dukungan. Kita boleh punya mimpi, tapi harus berani berjuang," ucap pastor tersebut

 

Perayaan 75 tahun Seminari Garum melalui Veni Mecum Festival menjadi momen yang penuh kebanggaan dan semangat. Semoga seminari ini terus berkembang dan memberikan pengaruh positif bagi para calon imam dan lingkungannya. (Riviera Michelle Irawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: