Vecumfest The Spirit of Mission: Charity Concert & Expo Digelar di Surabaya

Vecumfest The Spirit of Mission: Charity Concert & Expo Digelar di Surabaya

Rektor Seminari Garum Romo Yufentius Fusi Nusantoro (tengah), Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Kuncoro Foe PhD (tiga dari kiri) bersama seniman dan penyelenggara acara.-Dok. Panitia Vecumfest-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Pada 3-5 Agustus 2023, Seminari Menengah St Vincentius A Paulo Garum Keuskupan Surabaya menggelar acara berkonsep charity concert dan expo. Acara itu diberi nama Veni Mecum Festival (Vecumfest) dengan tema The Spirit of Mission. Digelarnya di Widya Mandala Hall, kompleks Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di Pakuwon City, Surabaya.

 

Acara itu menjadi momen istimewa untuk memperingati 75 tahun sejarah berdirinya Seminari Garum. Vecumfest yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut menawarkan serangkaian acara yang menarik.

 

BACA JUGA : World Youth Day, Paus Fransiskus Membawa Sukacita dan Harapan Baru bagi Warga Lisbon

BACA JUGA : ’’Kuliah’’ Pengantar Jurnalistik di Harian Disway, Mahasiswa Widya Mandala Diskusi dengan Dahlan Iskan

 

Di pembukaan pada hari pertama, Vecumfest dihadiri oleh Rektor Seminari Menengah Vincentius A Paulo Garum, Blitar, Romo Yuventius Fusi Nusantoro. Juga ada Sarasehan Budaya yang melibatkan para seniman sebagai narasumber.

 

Di hari pertama itu juga ditampilkan tarian tradisional dari SD Katolik St. Clara Surabaya. Plus pameran lukisan karya para romo dan seniman di Jawa Timur. Pameran lukisan itu bertujuan untuk memvisualisasikan ide dan gagasan tentang lingkungan sekitar sebagai refleksi kehidupan dalam bentuk visual.

 


Mbah Yon melukis on the spot di lokasi acara Vumfest.-Dok. Panitia Vecumfest-

 

"Mimpi saya, seni itu bebas untuk siapa saja. Karena seni has no rules (tidak terikat aturan) yang berpihak pada etika dan moral. Kami sebagai seniman dan para romo ingin mengajak berseni serta berkarya seperti angin segar," ungkap Won Wahyuono alias Mbah Yon, salah seorang seniman dari Malang, Jawa Timur yang ambil bagian dalam acara itu.

 

Pada puncak Vecumfest, Sabtu, 5 Agustus 2023, ada expo panggilan. Ini adalah sebuah ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang panggilan hidup. Terutama untuk generasi muda Katolik. Kemudian, acara dilanjutkan dengan Charity Concert.

 

Hasil dari penjualan tiket konser dan lukisan akan didedikasikan untuk mendukung pembinaan dan pendidikan para calon imam di Seminari Garum. Itu sesuai konsep charity yang diusung dalam acara tersebut.

 

Dengan berbagai acara menarik dan konsep charity yang mulia, Vecumfest menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung pembinaan generasi calon imam di Seminari Garum. Plus menikmati acara yang bermakna dan inspiratif. (Alda Rizky Nur Afida Abdullah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: