Cara LDII Jatim Memaknai HUT RI Ke-78: Bersihkan Pantai Kenjeran dan Bagikan 5 Ribu Bibit Pohon

Cara LDII Jatim Memaknai HUT RI Ke-78: Bersihkan Pantai Kenjeran dan Bagikan 5 Ribu Bibit Pohon

Para warga sedang membersihkan sampah yang berserakan di tepi Pantai Kenjeran.-Candraditya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur menggandeng Kelurahan Tambak Wedi untuk menggelar kerja bakti nasional dalam rangka menyambut kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78. Kegiatan tersebut berlangsung di depan Rusunawa Tambak Wedi hingga ke tepi Pantai Kenjeran, Minggu, 6 Agustus 2023.

"ini adalah agenda untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus bentuk serangkaian acara Road to Rakernas LDII yang akan diselenggarakan pada 7-9 November di Surabaya," ujar Ketua DPW LDII Jatim, Moch. Amrodji Konawi.


Para Warga sangat antusias untuk melakukan kerja bakti Nasional dengan DWP LDII Jatim.-Candraditya-

Program kerja bakti itu dimulai dari tanggal 4 Agustus 2023, dengan mengusung tema "Kerja Bakti Bersama Untuk Negeri: Satukan jiwa, isi kemerdekaan". Mereka menggelar kerja bakti massal se-Jatim dengan mengawalinya di sekitar kantor DPW LDII Jawa Timur sampai ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Gayungan, dan penanaman pohon di sekitar Gedung Graha LDII Surabaya.

Amrodji Konawi mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu cara yang positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Agar masyarakat sadar bahwa 17 Agustus adalah momen untuk bangkit dan berjuang. Wujudnya ialah dengan cara bergotong royong membersihkan lingkungan agar kita terbebas dari penyakit.

"Sama halnya dengan para pahlawan yang telah gugur. Jika dulu berjuang untuk merebut kemerdekaan, maka dari itu sekarang kita berjuang untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hidup sehat," tuturnya menggebu. 

Usai membersihkan lingkungan di sekitar pesisir pantai kenjeran, Rencananya mereka juga akan membagikan 5.000 bibit tanaman dan memberikan Bendera Merah Putih di Car Free Day (CFD) Taman Bungkul, 27 Agustus 2023. 


Ketua DPW LDII Jatim, Moch. Amrodji Konawi (Tengah), Lurah Tambak Wedi, Mat Lila (Kanan)-Candraditya-

Lurah Tambak Wedi, Matlilla, menyambut baik Gerakan Kerja Bakti Nasional yang digagas LDII. "Saya senang turut melibatkan Kelurahan Tambak Wedi dalam bergotong-royong. Semoga kedepannya bisa terus bersinergi dan saling menjaga lingkungan untuk mewujudkan daerah Pesisir Kenjeran dan sekitarnya menjadi daerah pariwisata bagi Warga Surabaya," harapnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Warga Tambak Wedi, Babinsa Tambak Wedi, Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan para alim ulama. (Rafif Rayhaan R)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: