5 Ton Bantuan Logistik Telah Didistribusikan Ke Wilayah Terdampak Kekeringan di Papua

5 Ton Bantuan Logistik Telah Didistribusikan Ke Wilayah Terdampak Kekeringan di Papua

Warga menunggu datangnya bantuan di Bandara Distrik Sinak, Papua Tengah-BNPB-

HARIAN DISWAY – Pada hari keempat distribusi bantuan logistik bagi warga di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, lebih dari 5 ton bantuan logistik telah disalurkan. 

Pusdalops BNPB melaporkan per hari ini Minggu 6 Agustus 2023, BNPB telah mengirimkan bantuan logistik dan peralatan total sebanyak 5.228 kilogram dengan total sebanyak 3.844 kilogram melalui Bandara Sinak dan 1.384 kilogram melalui Bandara Agandugume.

Secara rinci bantuan yang telah dikirimkan melalui Bandara Sinak antara lain 380 paket sembako, 175 lembar matras, 100 lembar selimut, 7 unit genset dan 60 unit tenda gulung. 

BACA JUGA:Kemenhub Kirim Bantuan Untuk Warga Kelaparan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Sementara bantuan yang dikirim melalui Bandara Agandugume sebanyak 135 paket sembako dan 300 lembar matras.

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, dukungan bantuan logistik ini akan terus dilakukan selama masa tanggap darurat bencana kekeringan Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah

“BNPB juga terus memantau hingga distribusi logistik sampai kepada warga yang membutuhkan,” jelas Muhari. 

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa BNPB juga telah melakukan identifikasi awal lokasi yang memungkinkan untuk dibangun gudang logistik di sekitar kawasan Bandara Agandugume. 

BACA JUGA:Bantuan Pangan Tiba di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

“Identifikasi awal ini dilakukan BNPB bersama BPBD dan perwakilan masyarakat untuk diputuskan nantinya secara bersama-sama,” katanya.  

Rencana pembangunan gudang logistik ini sebelumnya disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy pada saat mengantarkan bantuan melalui Bandara Sinak, Kamis 3 Agustus lalu. 

Dengan adanya gudang pangan, kelaparan bisa diantisipasi jika sewaktu-waktu embun es terjadi pada saat musim kemarau di tahun-tahun berikutnya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: