Anggota DPR Korea Minta BTS Tampil di Penutupan Jambore, ARMY: Enak Aja!

Anggota DPR Korea Minta BTS Tampil di Penutupan Jambore, ARMY: Enak Aja!

ANGGOTA DPR Korea minta BTS tampil di penutupan Jambore Pramuka Dunia, ARMY: enak aja.-Bighit Music-AFP

HARIAN DISWAY – Ada-ada saja anggota DPR Korea yang bernama Song Il-jong ini. Merasa bahwa pemerintah membuat blunder saat menggelar World Scout Jamboree 2023, ia meminta BTS untuk tampil dalam acara penutupan jambore. Untuk membersihkan nama baik Korea.

Ya, Song Il-jong mengusulkan pemerintah untuk mengajak BTS tampil di konser K-Pop Super Live. Acara penutupan World Scout Jamboree (atau Jambore Pramuka Dunia) itu digelar di Seoul World Cup Stadium, Seoul, pada 11 Agustus 2023.

Kalau BTS tampil, diharapkan kekecewaan para pramuka sedunia yang mengikuti jambore terobati. Image BTS di mata negara-negara yang mengirim kontingen pramuka juga terselamatkan.

BACA JUGA: Asyik, NewJeans dan NCT Dream Meriahkan Penutupan World Scout Jamboree di Korea

’’Saya meminta bantuan kepada Kementrian Pertahanan dan Keamanan agar BTS bisa meningkatkan image Korea di konser internasional (maksudnya K-Pop Super Live, Red),’’ demikian kata Song Il-jong di media sosial pribadinya, pada 8 Agustus 2023.

Pernyataan itu diluruskan oleh Song Il-jong dalam sebuah siaran radio pada 9 Agustus 2023. Ia berkata, ’’Saya cuma mengusulkan, kok. Tidak memaksa.’’

Meski begitu, netizen Korea terlanjur murka pada Song Il-jong. Mereka—terutama ARMY, penggemar BTS—menganggap ia kelewatan. Karena, segala kekacauan yang terjadi di World Scout Jamboree itu adalah murni kesalahan pemerintah. Kenapa BTS yang harus membereskan masalah itu.


ANGGOTA DPR Korea minta BTS tampil di penutupan Jambore Pramuka Dunia, ARMY: enak aja. Foto kiri, J-Hope dan Jimin (kanan) mengunjungi Jin (tengah) di kamp militer.-Instagram J-Hope -

Netizen Korea membanjiri kolom komentar di media sosial Song Il-jong dengan hujatan. Salah satu yang paling banyak mereka katakan adalah, ’’Pemerintah yang buang kotoran, kok BTS yang harus membersihkan klosetnya.’’

BACA JUGA: Konser Musik K-pop di World Scout Jamboree Ditunda karena Suhu Panas

Ucapan Song Il-jong membawa-bawa BTS itu semakin menyakitkan. Karena ia berharap BTS bisa tampil di konser K-Pop Super Live secara full team. Tujuh member ikut semua. Padahal, kita tahu, saat ini Jin dan J-Hope sedang menjalani wajib militer.

Eh, Song Il-jong malah membuat komentar yang semakin membuat ARMY marah. ’’Kenapa aku tidak boleh berharap BTS tampil bertujuh? Toh, dulu aku yang memperjuangkan agar BTS mendapat keringanan tidak perlu ikut wamil.’’

Wamil adalah masalah yang sensitif di Korea. Sehebat-hebatnya artis atau seniman, jika tidak ikut wamil, image-nya akan hancur. Karena itulah, meski pemerintah berjanji memberikan keringanan buat BTS, fans malah tidak mau R.M dkk mangkir dari kewajiban negara. Lebih baik berkorban kehilangan BTS selama dua tahun. Tapi image di mata publik tetap bagus.

BACA JUGA: ARMY Merapat! V BTS Rilis Album Solo Perdana Bertajuk Layover pada 8 September

Sebagai catatan, ucapan Song Il-jong adalah pernyataan individu. Ia tidak mewakili partai, faksi, maupun DPR Korea secara keseluruhan. Sehingga, ia tidak mewakili lembaga tempatnya bekerja.  

Di sisi lain, pemerintah mengumumkan lineup artis yang akan tampil di penutupan Jambore Pramuka Dunia pada 11 Agustus 2023 mendatang. Antara lain, NewJeans, NCT Dream, ITZY, Mamamoo, hingga The Boyz.


ASYIK, NewJeans, NCT Dream, ITZY, dan Mamamoo meriahkan penutupan World Scout Jamboree di Seoul, 11 Agustus 2023 mendatang. -Ador Entertainement-NME

Ada pula subunit Monsta X Showu X Hyungwon, fromis_9, serta Zerobaseone. Akan tampil pula sejumlah penyanyi solo, seperti Kang Daniel, Kwong Eun-bi, dan Jo Yu-ri. Juga P1Harmony, KARD, The New Six (TNX), ATBO, xikers, dan Libelante. Kelompok dance HolyBang. Juga bakal memeriahkan acara.

’’Lineup berisi 18 tim yang akan tampil di K-Pop Super Live ini sudah dikonfirmasi,’’ yakin Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Park Bo-gyoon.

’’Artis-artis top tersebut bakal memamerkan esensi dan pesona K-Pop dalam sebuah konser akbar di depan 40 ribu anggota pramuka muda dari 150 negara di dunia,’’ lanjutnya, seperti dikutip oleh Soompi.  


ANGGOTA DPR Korea minta BTS tampil di Penutupan Jambore, ARMY: Enak Aja! Tampak para pramuka dievakuasi dari bumi perkemahan Saemangeum di Buan, Provinsi Jeolla Selatan, 8 Agustus 2023.-Anthony Wallace-AFP-AFP

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem di Jambore Pramuka Dunia Korsel, Kontingen Indonesia Siagakan 4 Unit Medis

Sayang, konser bertabur bintang itu belum mampu meredamkan kemarahan warga Korea atas penyelenggaraan Jambore Pramuka Dunia. Sejak awal, acara yang digelar di wilayah Saemandeung itu sudah penuh masalah. Fasilitas tidak memadai, sanitasi kurang baik, hingga serangan panas ekstrem membuat para pramuka jatuh sakit.

Sebagaimana dilansir Dispatch Korea, puluhan ribu pramuka dari seluruh dunia tidur di tenda-tenda yang tidak layak. Tanahnya becek, sehingga harus dialasi papan palet. Alhasil, tenda semakin terasa panas dan tidak keras untuk tidur. Toilet-toiletnya pun jorok dan kotor. Dan hanya ditutup dengan kain.

Makanan juga bermasalah. Dispatch menemukan, para pramuka tersebut ada yang mendapatkan makanan basi. Duh, problem level tinggi ini memang harus dibereskan oleh BTS! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: news1