Asyik, NewJeans dan NCT Dream Meriahkan Penutupan World Scout Jamboree di Korea

Asyik, NewJeans dan NCT Dream Meriahkan Penutupan World Scout Jamboree di Korea

ASYIK, NewJeans, NCT Dream, ITZY, dan Mamamoo meriahkan penutupan World Scout Jamboree di Seoul, 11 Agustus 2023 mendatang. -Ador Entertainement-NME

HARIAN DISWAY – Penutupan World Scout Jamboree (atau Jambore Pramuka Dunia) di Saemangeum, pada Jumat, 11 Agustus 2023 nanti, bakal menjadi pertunjukan kehebatan K-Pop. Sejumlah idol group besar dikonfirmasi tampil.  

Penutupan Jambore Pramuka Dunia 2023 itu bertajuk K-Pop Super Live. Venue-nya istimewa, yakni, Seoul World Cup Stadium. Maka, line up-nya spesial pula. Antara lain, NewJeans, NCT Dream, ITZY, Mamamoo, hingga The Boyz.


ASYIK, NewJeans, NCT Dream, ITZY, dan Mamamoo meriahkan penutupan World Scout Jamboree di Seoul, 11 Agustus 2023 mendatang. NCT Dream adalah idol group favorit K-Poppers Indonesia.-SM Entertainment-NME

Lalu ada subunit Monsta X, Showu X Hyungwon, fromis_9, serta Zerobaseone. Bakal tampil pula deretan solois seperti Kang Daniel, Kwon Eun-bi, dan Jo Yu-ri. Juga P1Harmony, KARD, The New Six (TNX), ATBO, xikers, dan Libelante. Turut memeriahkan acara pula, kelompok dance HolyBang. Lengkap!

BACA JUGA: World Scout Jamboree, Pramuka dari Berbagai Negara Bertahan dalam Suhu Panas Ekstrem

’’Lineup 18 tim yang akan tampil di K-Pop Super Live sudah dikonfirmasi,’’ kata Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Park Bo-gyoon.

’’Artis-artis top ini akan memamerkan esensi dan pesona K-Pop dalam sebuah konser akbar kepada 40 ribu anggota pramuka muda dari 150 negara di seluruh dunia,’’ lanjutnya, sebagaimana dikutip oleh Soompi.  

Oh ya, K-Pop Super Live juga akan dipandu oleh pembawa acara dari anggota idol group di atas. Yakni Yuna member ITZY, Hyein personel NewJeans, serta aktor Gong Myung.


ASYIK, NewJeans, NCT Dream, ITZY, dan Mamamoo meriahkan penutupan World Scout Jamboree di Seoul, 11 Agustus 2023 mendatang. Mamamoo menjadi girl group yang cukup ditunggu.-Rainbow Bridge World -NME

Jambore Pramuka Dunia 2023 digelar di Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara. Awalnya, penutupan event itu dijadwalkan pada 6 Agustus 2023, dan digeber di stadion outdoor. Namun, event kemudian ditunda ke 11 Agustus karena alasan keamanan dan ancaman gelombang panas (heat wave).

BACA JUGA: Konser Musik K-pop di World Scout Jamboree Ditunda karena Suhu Panas

Penyelenggara sempat mempertimbangkan untuk memindahkan venue penutupan ke Jeonbuk World Cup Stadium. Namun, batal. Karena toh venue jambore juga dipindahkan ke Seoul gara-gara ada Badai Khanun.


ASYIK, NewJeans, NCT Dream, ITZY, dan Mamamoo meriahkan penutupan World Scout Jamboree di Seoul, 11 Agustus 2023 mendatang. Tampak para pramuka dievakuasi dari bumi perkemahan Saemangeum di Buan, Provinsi Jeolla Selatan, 8 Agustus 2023.-Anthony Wallace-AFP-AFP

Sejak awal, World Scout Jamboree di Korea memang sudah penuh masalah. Mulai dari fasilitas yang tidak memadai, sanitasi yang kurang baik, hingga serangan panas ekstrem yang membuat para pramuka jatuh sakit.

Sebagaimana dilansir Dispatch Korea, puluhan ribu pramuka muda dari seluruh dunia itu tidur di tenda-tenda yang tidak layak. Tanahnya becek, sehingga harus dialasi dengan papan palet. Alhasil, tenda semakin terasa panas dan tidak nyaman untuk tidur. Toilet-toiletnya jorok dan kotor. Serta hanya ditutup dengan kain.

Belum lagi soal makanan. Di beberapa temuan Dispatch, para pramuka tersebut ada yang mendapatkan makanan basi. Padahal, seharusnya mereka mendapatkan asupan makanan bergizi untuk mengikuti berbagai kegiatan jambore.

BACA JUGA: Pesta Pramuka Dunia di Korea , 11 K-Pop Tampil di World Scout Jamboree

Warga Korea sendiri pun malu atas kinerja tim penyelenggara Jambore Pramuka Dunia ini. Mereka terkesan kurang persiapan. Padahal, Korea sudah ditunjuk sebagai tuan rumah event ini sejak 2017. Ada waktu enam tahun untuk mempersiapkan diri.

Sudah begitu, pemerintah Korea mengeluarkan dana yang tak tanggung-tanggung. Yakni KRW 100 miliar. Atau setara dengan Rp 1,16 triliun. Warga Korea sangat marah kepada pemerintah. Yang dianggap menyelewengkan dana superbesar dengan hasil yang sangat buruk.

Apakah kemarahan mereka mereda dengan penutupan Jambore yang dimeriahkan grup-grup idol kebanggaan? Mari kita tunggu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi