Gosok Gigi dengan Sikat Manual atau Elektrik? Mana Yang Lebih Baik?

Gosok Gigi dengan Sikat Manual atau Elektrik? Mana Yang Lebih Baik?

Sikat gigi manual dan elektrik. Manakah yang lebih baik?-andreas/pixabay-

HARIAN DISWAY – Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga. Untuk memelihara kesehatan dan kebersihan gigi, disarankan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sekali. Yakni di pagi hari setelah sarapan pagi, kemudian di malam hari sebelum tidur.

Fungsi dari menyikat gigi adalah mencegah berbagai macam penyakit gigi. Seperti menghilangkan plak gigi, mencegah gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit gusi yang lebih serius.  

Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, kini hadir sikat gigi elektronik. Yakni sikat gigi dengan gerakan otomatis yang ditenagai oleh motor listrik. Lantas, manakah yang lebih baik? Menyikat gigi dengan sikat manual atau elektrik?

BACA JUGA:Konsumsi Minuman Berpemanis, Pemicu Diabetes di Indonesia

Seorang periodontist dan juru bicara American Dental Association, Sally Cram, menjelaskan bahwa ada plus-minus dari kedua metode sikat gigi ini. Namun demikian, Cram memilih sikat gigi elektrik. Karena dinilai ampuh merawat gigi lebih baik daripada sikat gigi manual.

Sebuah studi juga memaparkan walau sikat gigi elektrik lebih mahal, keefektifan sikat gigi elektrik luar biasa. Terutama untuk mengurangi plak dan radang gusi. 

BACA JUGA: Apakah Sikat Gigi Membatalkan Puasa?

Sally Cram pun menjelaskan kelebihan dan kekurangan, baik sikat gigi manual maupun sikat gigi elektrik. Mari cek penjelasan berikut.

Sikat Gigi Manual

Harga sikat gigi manual terbilang murah. Tapi sebuah penelitian menunjukkan sikat gigi manual tidak selalu efektif dalam mengurangi plak dan radang gusi. 

Selain itu, David Leader, profesor di Tufts University School of Dental Medicine, mengatakan bahwa menyikat dengan bulu keras dapat merusak gusi. 

Tidak peduli seberapa kaku bulunya, sikat ini tidak akan menghilangkan karang gigi dari gigi. Malahan dapat menghilangkan jaringan gusi. Akibatnya, muncul sensitivitas gigi dan resesi gusi.

Kelebihan Sikat Gigi Manual

  1. Sangat mudah dibawa
  2. Harga relatif murah
  3. Banyak dijual di supermarket, bahkan toko kelontong
  4. Tidak perlu isi daya

Kekurangan Sikat Gigi Manual

  1. Sulit menjangkau area yang sempit
  2. Kurang efektif dalam menghilangkan plak dan mencegah radang gusi 
  3. Menyumbang sampah plastik dikarenakan sikat gigi manual dibuang setiap 3 bulan sekali.
  4. Bulu sikat gigi yang kaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.insider.com