Cheng Yu Pilihan Rektor Universitas Ma Chung Stefanus Yufra M. Taneo: Yin Shui Si Yuan

Cheng Yu Pilihan Rektor Universitas Ma Chung Stefanus Yufra M. Taneo: Yin Shui Si Yuan

Cheng Yu Stefanus Yufra M. Taneo--

DALAM sambutannya saat membuka Dies Natalis ke-16 Universitas Ma Chung, Dr Ir Stefanus Yufra M. Taneo MS MS,. selaku rektor perguruan tinggi yang berlokasi di Malang ini kembali menegaskan pentingnya kita untuk mempunyai spirit "饮水思源" (yǐn shuǐ sī yuán): minum air, ingat sumbernya.

"Kalau sudah sukses, balaslah budi pada kampung halaman," kata Yufra, menjelaskan pepatah Tiongkok atau cheng yu yang dijadikan semboyan Universitas Ma Chung dimaksud.

Adagium itu disadur dari salah satu puisi Yu Xin 庾信 (513-581), pujangga besar era Dinasti Utara dan Selatan (Nan-Bei Chao 南北朝).

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Business Analyst Narendra Rahardja Surjaudaja: Bu Shi Shi Ji

Yu Xin menulis dalam syairnya yang berjudul Zheng Diao Qu (征调曲), "落其实者思其树;饮其流者怀其源" (luò qí shí zhě sī qí shù; yǐn qí liú zhě huái qí yuán): ketika makan buah, ingatlah pohonnya; ketika minum air, ingatlah sumbernya.

Itulah yang akan diperjuangkan Yufra selama memimpin Universitas Ma Chung: mencetak sebanyak mungkin generasi bertalenta, sekaligus yang tidak lupa terhadap nusa dan bangsa.

Adapun caranya, ialah dengan membekali mahasiswa Universitas Ma Chung dengan beragam keahlian yang dibutuhkan oleh perkembangan zaman serta akhlak yang mulia.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin SIIBT Andriyani: Man Zhao Sun, Qian Shou Yi

Dengan demikian, kekhawatiran akan menjamurnya orang pintar tapi tidak bermoral, bisa diminimalisir melalui pendidikan yang berkualitas dan berkarakter kuat di Universitas Ma Chung sana.

Maju terus, Pak Yufra! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: