Profil Diela Maharani, Mantan Akuntan yang Jadi Ilustrator Google Doodle untuk HUT Kemerdekaan RI

Profil Diela Maharani, Mantan Akuntan yang Jadi Ilustrator Google Doodle untuk HUT Kemerdekaan RI

Diela Maharani, Ilustrator Asal Jakarta-Levis-ID-

Karir Diela Maharani, ilustrator Google Doodle untuk HUT Kemerdekaan RI ternyata cukup berliku. Dia pernah bekerja menjadi akuntan. Tapi, profesi itu hanya setahun dijalaninya.

 

DIELA Maharani adalah seorang ilustrator asal Jakarta. Awalnya dia menempuh pendidikan akuntansi di sebuah universitas di Jakarta.

 

Sebelum menjadi ilustrator pada tahun 2005, Diela pernah bekerja di salah satu perusahaan retail. Sebagai akuntan.

 

Kini, Diela dikenal sebagai salah satu seniman muda Indonesia yang bertalenta. Karyanya punya ciri khas kuat. Kerap memberikan sentuhan warna yang cerah, ceria, dan berani. Cocok untuk anak muda. Terutama wanita.

 

Sebagai ilustrator, Diela pernah bekerja untuk Instagram, Apple, Adidas, Tiket.com, dan masih banyak lagi.

 

BACA JUGA : Mengenal Sosok Prof. Dr. Sulianti Saroso yang jadi Google Doodle Hari ini

BACA JUGA : Mengenang Ibu Kasur, Tokoh Pendidik Anak yang Tampil Jadi Google Doodle

 

Uniknya, Diela tidak pernah mengenyam pendidikan di sekolah kesenian. Dia belajar secara otodidak. Mulai soal melukis hingga mengulik medium ilustrasi.

 

Pekerjaan ibunya sebagai penjahit membuat Diela sudah mengenal dunia tekstil sejak kecil Dia pun memanfaatkan kemampuannya dalam menjahit dan menyulam. Lantas mewujudkannya menjadi sebuah lukisan.

 

Dalam membuat karya seninya, wanita 39 tahun itu kerap mendapat inspirasi dari jenis musik dan lirik lagu dari band legendaris, The Beatles. Tidak hanya itu, dia juga mendapat inspirasi lain dari buku-buku dengan cerita fantasi. Sebut saja, produk-produk seperti DC Comic dan Alice in Wonderland.

 

Walaupun ia tidak pernah bercita-cita menjadi seorang ilustrator, Diela mengaku bahwa ia sudah jatuh cinta pada menggambar sejak mengikuti kursus menggambar saat duduk di bangku SD.

 

Saat kuliah, ia tergabung dalam suatu komunitas online seni bernama DeviantArt. Komunitas tersebut menjadi tempat baginya untuk memamerkan hasil karya seninya.

 

Di komunitas itulah karyanya menuai banyak apresiasi dari seniman lain. Di DeviantArt juga, Diela bertemu dengan banyak pekerja kreatif lainnya dari Jakarta.

 


Karya Kolaborasi Diela dan L'Occitane-Girlsclub.Asia-

 

Dari sana, ia merasa karirnya sebagai ilustrator berjalan dengan baik. Akhirnya, Diela pun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai akuntan. Dia memilih mengejar karir sebagai ilustrator.

 

Diela mengaku mengaku sangat senang dan menikmati pekerjaannya sebagai seniman. Baginya, bekerja sebagai seniman adalah suatu anugerah yang nyata.

 

Pada awalnya, kedua orang tua Diela meragukan keputusan Diela yang banting setir menjadi ilustrator. Namun mereka tetap mendukung keputusan Diela sepenuhnya.

 


Karya Diela Maharanie yang menjadi Google Doodle pada 17 Agustus 2023.-Google-

 

Melalui karyanya yang unik, Diela pernah menembus majalah seni di Meksiko. Karyanya dinilai sangat inspiratif.

 

Diela juga pernah bekerja sama dengan Instagram dengan membuat stiker. Pada 2010, Diela terpilih untuk mengikuti ajang pameran South by South West SXSW di Austin, Texas.

 

Tidak hanya itu, karyanya juga sempat ditampilkan di pameran seni di beberapa negara seperti Hongkong, Prancis, dan Amerika Serikat. (Nathan Gunawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: girlsclub.asia