Hebat! Karya Seniman Jakarta ini Terpilih sebagai Google Doodle untuk HUT Kemerdekaan RI 2023

Hebat! Karya Seniman Jakarta ini Terpilih sebagai Google Doodle untuk HUT Kemerdekaan RI 2023

Karya Diela Maharanie yang menjadi Google Doodle hari ini.-Google-

HARIAN DISWAY – Tahun ini, Google kembali menggandeng dengan seniman Indonesia dalam menciptakan Doodle. Temanya adalah HUT ke-78 Kemerdekaan Rebublik Indonesia. Hasilnya bisa Anda saksikan pada mesin pencari yang ada di gawai atau komputer Anda…

 

Seperti biasa, Google memang rutin menghadirkan Doodle pada tanggal-tanggal penting. Itu adalah wujud kepedulian perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergei Brin pada 4 September 1998 tersebut terhadap momen bersejarah.

 

Dan Google selalu meramu Doodle itu dengan asyik. Tidak sekadar gambar. Ketika kita mengeklik Doodle tersebut, layar desktop akan dipenuhi oleh hujan konfeti. Warnanya merah-putih. Simbol bendera Republik Indonesia.

 

BACA JUGA : Mengenal Sosok Prof. Dr. Sulianti Saroso yang jadi Google Doodle Hari ini

BACA JUGA : Mengenang Ibu Kasur, Tokoh Pendidik Anak yang Tampil Jadi Google Doodle

 

Dalam keterangan yang menyertai Doodle itu, Google menyebutkan spirit di balik gambar tersebut. Yakni, tema peringatan HUT ke-78 RI: Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Spirit itu diwujudkan dalam gotong royong, membangun negeri, sembari tetap menjaga kearifan lokal.

 


Tiga gambar sketsa Diela Maharani sebelum mewujud menjadi google doodle.-Google-

 

Hal tersebut juga tampak pada lomba-lomba yang kerap digelar pada saat bulan Agustus. Atau bisa disebut lomba Tujuh Belasan. Atau Agustusan. Misalnya, sepak takraw, badminton, balap karung, lomba makan kerupuk, dan panjat pinang.

 

Ilustrasi penuh warna itu menggambarkan keragaman masyarakat Indonesia dari berbagai suku dan budaya yang sedang bergembira berpartisipasi dalam acara peringatan 17 Agustus.

 

Di balik karya gambar ini, terdapat tangan seniman Diela Maharanie. Dia adalah seniman dan ilustrator kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1983. Lewat goresan tangannya, Doodle itu menyampaikan pesan tentang pentingnya semangat gotong royong dan kerja sama. Semuanya bermuara pada pada pertumbuhan negara sambil menjunjung tinggi nilai-nilai lokal.

 

Tema itu menggambarkan pencapaian-pencapaian Indonesia yang berdampak pada kelanjutan pembangunan negara. Dengan tema yang kuat, diharapkan semangat maju dan berkembang tersebut akan semakin tertanam dalam jiwa Bangsa Indonesia.

 

Sementara itu, tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 diartikan sebagai ajakan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan mempertahankan semangat perjuangan yang masih berlanjut. Seperti estafet olahraga yang melambangkan semangat kolektif, harmoni, kolaborasi, serta sinkronisasi gerakan dan pikiran dari setiap pelari demi mencapai satu tujuan.

 

Tahun sebelumnya, Google juga mempresentasikan Doodle untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Dalam gambar tersebut, tampak lima orang mengenakan pakaian tradisional yang sedang mendayung di atas perahu. Inspirasi Doodle tersebut berasal dari festival pacu jalur yang diadakan oleh masyarakat di Provinsi Riau sebagai perayaan kemerdekaan. (Nathan Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: