Spesial 29 Februari! Mengenal Leap Day yang Jadi Google Doodle Hari ini

Spesial 29 Februari! Mengenal Leap Day yang Jadi Google Doodle Hari ini

Mengenal Leap Day 2024 yang jadi Google Doodle hari ini--

HARIAN DISWAY - Google Doodle 29 Februari 2024 menampilkan perayaan spesial Leap Day. Diwakili dengan gambar seekor katak dengan angka 29 yang tertera di badannya.

Sang katak melompat ke daun di atas air. Yang diapit oleh dua batu berukir angka 28 dan 1. Apa maksudnya?

Google Doodle selalu menjadi semacam jendela menuju perayaan dan momentum bersejarah. Tidak terkecuali hari ini, Leap Day 2024. Leap day bisa diartikan sebagai hari yang (biasanya) dilompati. Yakni 29 Februari.

BACA JUGA:Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Leap day disebut juga hari kabisat. Atau hari yang hanya ada pada tahun kabisat. Kebetulan, 2024 adalah tahun kabisat. Sehingga bulan Febuari terdiri dari 29 hari.


SPESIAL 29 Februari! Mengenal Leap Day yang jadi Google Doodle hari ini.-Pexels-

Aksi yang digambarkan oleh katak itu memiliki makna yang dalam. Melambangkan lompatan atau leap yang menjadi ciri khas dari hari kabisat. Katak dipilih sebagai simbol hewan untuk mewakili momentum empat tahun sekali. Terutama karena dalam budaya Irlandia, katak sering kali dikaitkan dengan Leap Day.

Di sana, memberikan patung katak kepada perempuan yang berani melamar pria pada hari kabisat telah menjadi bagian dari warisan budaya yang unik dan menarik.

BACA JUGA:Mengenal Asal Usul Papeda, Makanan Khas Maluku dari Tepung Sagu yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Dengan gambar yang menggemaskan dan simbolisme yang kuat, Google Doodle hari ini tidak hanya memperingati Leap Day 2024. Tetapi juga mengajak kita untuk merenungkan arti dari momen langka ini dalam kalender kita.

Tetapi, mengapa kita harus menambahkan satu hari ekstra dalam tahun kabisat? Apa arti dan makna dari tradisi-tradisi yang terkait dengan hari ini? Mari kita kupas lebih dalam.

Leap Day dan Sejarahnya


SPESIAL 29 Februari! Mengenal Leap Day yang jadi Google Doodle hari ini. Foto: Paus Gregorius XIII yang mengusulkan hari kabisat.-History Archive-

Leap Day sebenarnya merupakan cara untuk menyesuaikan perbedaan antara kalender manusia dengan perputaran bumi mengelilingi matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber