Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Google Doodle hari ini spesial ulang tahun Aktis Legendaris, Aminah Cendrakasih pemeran 'Mak Nyak' di Si Doel--Google

HARIAN DISWAY - Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan, mendapatkan penghormatan istimewa dari Google. Google Doodle hari ini, 29 Januari 2024, menggambakan sosok Aminah sebagai Mak Nyak.

Jika Anda membuka laman Google, maka akan terlihat ikon televisi tabung dilengkapi sebaris tombol, mengesankan kelawasannya. Di layar televisi, tampak sosok Aminah Cendrakasih yang sedang memerankan Mak Nyak. Tampak dari kerudung Betawi yang khas.

 

Ilustrasi tersebut diposisikan pada huruf "o" kedua dalam tulisan Google, yang didekorasi dengan gaya font sambung berhiaskan bunga dan dedaunan.

BACA JUGA:Mengenang Ibu Kasur, Tokoh Pendidik Anak yang Tampil Jadi Google Doodle

Ya, 29 Januari adalah ulang tahun Aminah. Sosok aktris legendaris itu lahir pada 1938. Tahun ini, seharusnya dia berulang tahun ke-86. Sayang, Aminah Cendrakasih meninggal pada 21 Desember 2022 karena sakit.


AMINAH Cendrakasih jadi ikon Google Doodle, ini jejak Mak Nyak di dunia sinema Indonesia. Foto: Aminah di masa muda.-Arsip Film Indonesia-

Aminah Cendrakasih, yang lahir dengan nama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih, telah meninggalkan jejak mendalam dalam industri perfilman Indonesia.

Sebagai putri aktris Wolly Sutinah, Aminah memulai karier sebagai model setelah lulus dari Sekolah Kepandaian Putri Magelang pada 1955.

BACA JUGA:Google Tambahkan Banyak Fitur Baru ke Android

BACA JUGA:Karena Hak Cipta PUBG, Krafton Gugat Garena, Google, dan Apple

Aminah mulai dikenal luas setelah membintangi film Serampang 12 pada 1956 dan Asrama Dara pada 1958. Nama dia semakin bersinar berkat film legendaris Habis Gelap Terbitlah Terang pada 1959. Pada tahun yang sama, dia menikah dengan Idris Permana.

Selama menghiasi dunia sinema Indonesia, Aminah Cendrakasih telah ambil bagian dari lebih dari 100 judul film. Namun, popularitas dia justru mencapai puncak saat ia berperan sebagai ibu Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang disutradarai oleh Rano Karno.

Sinetron itu ngetop pada era 90-an. Dan menjadi salah satu serial legendaris, seiring dengan perkembangan televisi swasta di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber