Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Google Doodle hari ini spesial ulang tahun Aktis Legendaris, Aminah Cendrakasih pemeran 'Mak Nyak' di Si Doel--Google

BACA JUGA:Sinopsis Film Bandland Hunter's yang Rilis di Netflix 26 Januari 2024

Panggilan Mak Nyak dalam sinetron tersebut melekat pada dirinya dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah hiburan Indonesia.


AMINAH Cendrakasih jadi ikon Google Doodle, ini jejak Mak Nyak di dunia sinema Indonesia.-MD Entertainment -

Sebenarnya, Aminah memerankan ibu Doel (Rano Karno) yang bernama Laila. Akrab disapa Mpok Lela.

Namun, yang terkenal justru panggilan dari Mas Karyo (diperankan mendiang komedian Basuki). Seorang pria Jawa yang merantau di Bekasi. Dan ngekos di rumah Mpok Lela. Basuki lah yang memanggil Mpok Lela dengan Mak Nyak.

Setelah Si Doel tamat pada 2003, Aminah masih banyak bermain di berbagai judul sinetron. Misalnya Hidayah (2005-2007), Iman (2006), dan Diatas Sajadah Cinta (2006).

BACA JUGA:Sinopsis dan Fakta Sound of Freedom, Film tentang Perdagangan Anak yang Tayang Hari Ini

BACA JUGA:Andre Taulany Main Film Lagi Setelah 21 Tahun Berkat Pasutri Gaje

Dia juga masih bermain dalam setiap franchise Si Doel. Termasuk dalam 3 film layar lebarnya, maupun musim baru. Aminah bahkan masih setia memerankan Mak Nyak dalam miniseri Si Doel the Series pada 2022. Yang menjadi karya terakhir dia sebelum tiada.

Di masa tua, Aminah menghadapi tantangan besar. Penyakit glaukoma yang menyertainya selama 13 tahun, menyebabkan kebutaan pada kedua matanya.

Meski mengalami kesulitan ekonomi, semangat berakting sebagai Mak Nyak tidak pernah pudar. Meski Aminah tak bisa membaca naskah. Pada 2018, dia membuktikan kemampuannya dalam film Si Doel The Movie, meski hanya bisa berakting dalam kondisi berbaring.


AMINAH Cendrakasih jadi ikon Google Doodle, ini jejak Mak Nyak di dunia sinema Indonesia. Foto: Aminah dan Rano Karno di lokasi syuting film Si Doel The Movie.-MD Entertainment -

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Film 13 Bom di Jakarta, Pakai Senjata Hingga Ledakan Asli!

Pada 21 Desember 2022, Aminah Cendrakasih meninggal dunia di rumahnya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, pada usia 84 tahun.

Kepergian Aktris Legendaris tersebut meninggalkan duka mendalam untuk seluruh jagat hiburan Indonesia beserta penggemarnya. Sejak 1955 hingga 2022, Aminah berhasil menghibur para penonton setia film dan serialnya. Hal itu menghasilkan penghargaan dari kerja kerasnya di dunia akting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber