Mengenal Sosok Aminah Cendrakasih dan Peran Mak Nyak di Si Doel yang Masih Melekat

Mengenal Sosok Aminah Cendrakasih dan Peran Mak Nyak di Si Doel yang Masih Melekat

Mengenal sosok Aminah Cendrakasih dan peran Mak Nyak di Si Doel yang masih melekat--Instagram @sidoelanaksekolahan

HARIAN DISWAY - Aktris legendaris Indonesia, Aminah Cendrakasih menjadi ilustrasi Google Doodle hari ini, 29 Januari 2024. Bertepatan dengan ulang tahunnya ke-86.

Aminah Cendrakasih, atau yang lebih dikenal dengan Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan meninggal pada Desember 2022 lalu. Namun peran Mak Nyak masih melekat di hati para penonton. Terutama generasi 90-an.

Aminah Cendrakasih aktif menggeluti seni peran sejak 1955. Pada 1994, dia muncul di serial Si Doel Anak Sekolahan, besutan Rano Karno. Dia beradu akting dengan Rano Karno, mendiang Benyamin Sueb, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Suti Karno, Mandra, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Aminah Cendrakasih Jadi Ikon Google Doodle, Ini Jejak Mak Nyak di Dunia Sinema Indonesia

Aminah berperan sebagai Mpok Lela, ibu Doel (Rano Karno). Yang memberi dia julukan Mak Nyak adalah tokoh Mas Karyo (diperankan Basuki, anggota Srimulat). Pria Jawa yang merantau di Jakarta. Mak Nyak adalah gabungan dari panggilan ibu dari bahasa Jawa dan Betawi.


Akting Aminah Cendrakasih di sinetron Si Doel Anak Sekolahan dengan ciri khasnya memakai kebaya dan konde--YouTube RCTI

Si Doel Anak Sekolahan begitu populer di era-90an. Dan menjadi salah satu tonggak berkembangnya dunia televisi Indonesia, seiring dengan perkembangan TV swasta di tanah air.

Kehadiran Aminah dengan gaya ciri khasnya memakai kebaya dan rambut konde mencuri perhatian penonton. Apalagi, Mak Nyak seperti ibu-ibu pada umumnya yang doyan mengomel dan marah-marah. Tapi tetap lembut dan sayang pada keluarganya.

BACA JUGA:Laris Manis Sinetron Indonesia dengan Cerita

Mulai dari situlah panggilan Mak Nyak dalam sinetron itu melekat pada dirinya hingga sekarang. Aminah melalui 162 episode dengan akting yang memukau dan menghibur penonton.

Aminah harus berperang melawan penyakit glaukoma di masa tuanya. Penyakit yang dideritanya selama 13 tahun itu menyebabkan kebutaan. Kondisi kesehatannya diperburuk oleh kesulitan ekonomi di saat itu.


AMINAH Cendrakasih jadi ikon Google Doodle, ini jejak Mak Nyak di dunia sinema Indonesia. Foto: Aminah dan Rano Karno di lokasi syuting film Si Doel The Movie.-MD Entertainment -

Meski begitu, Aminah tetap berjuang melawan keterbatasannya. Semangatnya berakting tidak padam. Bahkan, di tengah perjuangan melawan glaukoma, dia kembali tampil dalam film layar lebar Si Doel The Movie pada 2018.

Karena tidak dapat melihat, Aminah tak mampu membaca naskah. Namun, dia dengan gigih memerankan karakter Mak Nyak. Dia menghafal naskah hanya dengan mendengarkan salah seorang asisten yang membacakan skenario untuk dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber