Kecerdikan Uston di Persebaya Vs PSM: Ze Valente Masuk, Sho Yamamoto Jadi Striker Palsu

Kecerdikan Uston di Persebaya Vs PSM: Ze Valente Masuk, Sho Yamamoto Jadi Striker Palsu

Sho Yamamoto dipasang menjadi striker false nine pada laga kontra PSM Makassar di menit ke-68 , Jumat, 18 Agustus 2023.--instagram @officialpersebaya

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Persebaya berhasil menang melawan PSM Makassar dengan skor tipis 1-0, Jumat, 8 Agustus 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Green Force sempat bermain tanpa striker di babak kedua.

Namun ada peristiwa menarik. Persebaya bermain tanpa striker sejak menit ke-68. Bomber Bajol Ijo, Wildan Ramdhani masuk digantikan Ze Valente yang seorang gelandang.

Pelatih Persebaya, Uston Nawawi berkomentar mengenai pergantian itu. Menurutnya bukan suatu keterpaksaan. Skema itu menurut keinginannya.

“Saya masukkan Ze itu kan karena dia kuat ya, kuat pegang bola, kuat nahan bola, jadi begitu ketika kita diserang, ada transisi positif dia bisa keep the ball, akhirnya Sho yang kita pasang ke striker kan, jadi enggak ada masalah,” ungkap Uston Nawawi di after match press conference, Jumat, 18 Agustus 2023.


Uston Nawawi mengatakan bahwa tidak masalah bermain tanpa striker murni. Semua murni karena strategi, Jumat, 18 Agustus 2023.--instagram @officialpersebaya

Situasi itu juga merujuk kepada absennya Paulo Victor. Bomber asal Brasil itu masih dalam pemulihan cedera.

Namun bila melihat bangku cadangan Persebaya, masih ada pemain yang berposisi sebagai striker murni. Ia adalah The Dragon, Ferdinand Sinaga.

Uston Nawawi pun tidak menyebut nama Ferdinand. Sebab pergantian tersebut dilakukan murni karena strategi.

“Ya, kalau di sepak bola, namanya false nine,” katanya. False nine sendiri artinya striker palsu.

Sebagai informasi, striker palsu ini berfungsi untuk mengalirkan bola kepada rekan-rekan setimnya yang punya peluang terbuka di depan gawang.

Nah, yang jadi false ninenya sejak menit ke-68 adalah Sho Yamamoto. Sehingga siapa saja bisa mencetak gol. Bukan cuma striker.

BACA JUGA:Hore! Uston Nawawi Cetak Hattrick Kemenangan untuk Persebaya, Kalahkan PSM 1-0 di GBT

BACA JUGA:Komentator Persebaya vs PSM Bung Yuke Keceplosan Soal GBT: Udah Panas, Bau Lagi

Salah satu sosok false nine terbaik di dunia: Lionel Messi. Posisi murninya sayap kanan. Ia juga bisa ditempatkan di sektor gelandang serang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: