Sander, Anjing Raksasa yang Mencuri Perhatian pada Pawjoeang 2023

Sander, Anjing Raksasa yang Mencuri Perhatian pada Pawjoeang 2023

Sander bersama Rudi, pengasuhnya, saat lomba Pawjoeang 2023.-Francisco-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Distrik 9 Citraland kedatangan Sander. Ia memiliki tubuh besar. Terbilang raksasa. Sehingga membuat semua orang gemas seperti ingin mengelus. Lalu, makhluk apakah Sander itu? 

Sander adalah anjing berjenis Malamut Alaska (Alaskan Malamute). Tubuhnya yang besar membuat kerepotan Rudi, pengasuh Sander, saat membawa anjing itu turun dari mobil. Malaska (singkatan Malamut Alaska) yang memiliki warna putih bercorak hitam itu berusia 2,5 tahun. 

“Ini punya bos saya. Saya sudah ngerawat dia dari kecil. Jadi sekarang sama saya juga nurut,” kata Rudi soal asal-usul Sander. 


Sander saat bermain dengan Rudi, pengasuhnya.-Francisco-Harian Disway-

Apakah sulit merawat anjing sebesar itu? “Makannya sih dua kali sehari. Kalau perawatan ya cuma vaksin-vaksin aja dari dokter,” kata Rudi.

Rudi juga menceritakan, berat Sander sempat mencapai 66 kilogram. Tapi kini sudah turun menjadi 49 kilogram. “Kalo kegemukan nggak baik. Susah gerak nanti. Jadi nggak sehat juga,” sambung Rudi. 

Ada trik untuk menurunkan berat badan anjing itu. Sander harus diet. ''Dietnya gini, cuma makan sekali sehari. Terus banyakin olahraga. Olahraganya jalan-jalan. Dulu Sanderpernah jalan-jalan sampai lima kali sehari,” jelas Rudi.

BACA JUGA : Pawjoeang 2023 : Ajang Jalan-jalan dan Lomba untuk Pecinta Anjing

BACA JUGA : PawaEdu with Dogs, Ciptakan Bonding Anjing-Majikan

Awalnya Rudi sempat merasa kasihan dengan pola diet Sander. Ia tidak tega. Tapi ini semua demi kebaikan Sander. 

Sekarang berat badan Sander sudah normal kembali. Dia pun bisa berjalan dan bergerak bebas. Sander bisa membuat semua orang bahagia berkat kehadirannya.

Sosok Alaskan Malamute memang sangat mencuri perhatian. Tampangnya sangar. Seperti serigala. Dan bodinya jauh lebih besar daripada Husky. Tingginya, dari kaki ke bahu, bisa mencapai 70-an sentimeter. Bobotnya berkisar 40-60 kilogram. Warnanya yang hitam-putih sangat pas dengan karakter tempat hidup aslinya di daerah bersalju. Bagaimana? Tertarik untuk punya anjing eksotis itu...? (Francisco)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: