Setelah “Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk”, Ellena Gabrielle Menulis Habitat Burung di Australia

Setelah “Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk”, Ellena Gabrielle Menulis Habitat Burung di Australia

Penulis buku Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk saat berbincang dengan pembacanya dalam meet and greet.-IGAK-

HARIAN DISWAY - Bagi Ellena Gabrielle, buku berjudul Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk yang ditulisnya menjadi representasi minatnya pada dua keilmuan yang kelihatannya berbeda arah. Tapi justru saling mendukung yakni seniman dan ilmuwan.
 
Bagi Ellena, seniman adalah profesi yang cukup menantang karena butuh ekspresi kreatif, pemahaman mendalam tentang media yang digunakan, dan kemampuan untuk mengkomunikasikan ide, pesan, dan emosi melalui karya seni. 
 
Tapi ilmuwan juga unik karena memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bidang tertentu, metode penelitian yang akurat, proses yang panjang, dan butuh analisis data.
 
Karena itulah, Ellena kini melanjutkan studi sarjananya ke Australia dengan mengambil jurusan Environmental Studies dan Visual Arts di University of Sydney. 
 
“Saya tidak bisa memilih profesi yang mana yang lebih berat secara objektif, karena kedua profesi ini memiliki tantangan dan tanggung jawab yang unik, “ ujarnya. 

BACA JUGA: Tertarik dengan 20 Jenis Burung, Ellena Gabrielle Terbitkan Buku tentang Habitat Burung di Singapura

Selain sukses menerbitkan buku, di tengah kesibukannya memulai tahun pertama sebagai mahasiswa, Ellena dinyatakan lolos mewakili Indonesia di kompetisi Ilustrasi 29th Biennial of Illustration Bratislava 2023.
 
Event itu akan diikuti oleh 40 negara dari 300-an ilustrator. “It’s a blessing for me. Life is full of surprise,” katanya tentang keterlibatannya di ajang itu. 
 
Selain itu, pada Agustus tahun ini juga, Ellena kembali ke Singapura diundang oleh National Youth Achievement Award Council. Ia diwawancarai dalam rangka penghargaan medali emas bagi Ellena sebagai bentuk penghargaan terhadap usahanya dalam pendataan burung-burung di Singapura. 
Suasana meet and greet buku Ellena Gabrielle. -IGAK-

 
Sementara tahun depan, saat presiden Singapura terpilih dilantik, Ellena akan kembali diundang ke Singapura untuk menerima penghargaan langsung dari presiden Singapura.
 
Dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI yang lalu, Ellena punya makna spesial dari kata merdeka yang ingin ia bagikan kepada para pembaca. Menurutnya, arti merdeka buatnya adalah kebebasan untuk mengejar mimpi dan kemauan sendiri. ”Serta dapat memilih apa yang kamu mau teruskan tanpa halangan,” katanya.
 
Setelah buku pertamanya itu terbit, Ellena akan terus mengamati, menulis dan melukis mengenai habitat burung di Australia dan Indonesia yang sekarang menjadi target berikutnya. “Tunggu saja buku saya selanjutnya,” ujar Ellena sambil tersenyum. (Heti) 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: