Gempa Terkini 4,8 M (Magnitudo) Guncang Wilayah Trenggalek Jawa Timur

Gempa Terkini 4,8 M (Magnitudo) Guncang Wilayah Trenggalek Jawa Timur

--

PACITAN, HARIAN DISWAY - Info gempa terkini disampaikan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika),  24 Agustus 2023. Salah satu gempa dengan kekuatan hampir 5 magnitudo terjadi di wilayah Trenggalek, Jawa Timur.

Pusat gempat berada di laut. "Pusat gempa berada di laut 76 km barat daya Pacitan dan gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat." tulis BMKG, 24 Agustus 2023 pukul 02.52 WIB.

Gempa terjadi pada pukul 02.52.53. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 8.74 LS (Lintang Selatan) dan 111.51 BT (Bujur Timur).

Gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Trenggalek, Blitar, Nganjuk dan Karangkates dengan skala II, II, II dan II.

BACA JUGA:Tiongkok Kaji Alarm Gempa di Ponsel

BACA JUGA:Mengenal Sesar Opak, Punya Sebaran Gempa Yang Aktif dan Intensif

Skala MMI yang dirasakan adalah II yang artinya gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 7 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

BACA JUGA:Gempabumi Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya gempa dengan kekuatan 5.1 magnitudo juga terjadi tak jauh dari Trenggalek. Yakni di wilayah Pacitan pada 19 Agustus 2023. 

Ketika itu gempa tepat terjadi di 8.99 LS dan 111.06 BT. Sekitar 90 km barat daya Pacitan, Jawa Timur. Gempa dilaporkan terjadi di kedalaman 10 km.

Ketika itu gempa dilaporkan tidak berpotensi terjadi tsunami. Namun arahan BMKG menyebutkan masyarakat diminta hati-hati terjadinya gempa bumi susulan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: