Program Wirausaha Merdeka 2023, Untag Surabaya Ajak Peserta Belajar Public Speaking

Program Wirausaha Merdeka 2023, Untag Surabaya Ajak Peserta Belajar Public Speaking

Doan Widhiandono S.Sos., M.I.Kom, dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya memberikan materi tentang public speaking.-Humas Untag Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terpilih sebagai satu dari 34 perguruan tinggi di Indonesia yang mengadakan Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2023. Agar pengetahuan peserta program semakin komplet, kampus yang terletak di Jalan Semolowaru itu memberikan beragam materi yang mendukung spirit kewirausahaan mahasiswa. Termasuk, materi tentang public speaking.

Materi itu disampaikan pada Selasa, 22 Agustus 2023 di Auditorium Lt 6 Rektorat Untag Surabaya. Pembicaranya adalah Doan Widhiandono S.Sos., M.I.Kom, dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya.

’’Banyak orang merasa takut ketika harus berbicara di depan publik,’’ kata Doan.

BACA JUGA:Jabar Terdampak Kekeringan dan Karhutla Terparah di Jawa

BACA JUGA:Korban Pembunuhan di Pemalang Berseragam Pramuka

Padahal, kemampuan berbicara itu sebenarnya sudah dipelajari manusia sejak usia dini. Maka, yang perlu dipahami adalah mengidentifikasi ketakutan itu.

’’Apakah takut karena tidak menguasai materi? Apakah takut karena merasa tidak percaya diri? Atau sebab lain. Kalau penyebab ini diketahui, Anda akan melakukan presentasi di depan publik dengan baik,’’ tutur pria yang juga jurnalis tersebut.

Tip mengatasi ketakutan dan rasa grogi itu juga ditanyakan oleh peserta. ’’Kalau Anda masih merasa takut, masih grogi, itu tandanya Anda masih manusia,’’ kata Doan disambut tawa lebih dari 150 peserta hari itu.

Yang penting, tuturnya, presentasi di depan publik harus dilakukan dengan persiapan. Mulai materi, teknik menyapa penonton, hingga keunikan yang bisa ditampilkan seorang presenter.

BACA JUGA:Gregoria Mariska Tunjung Tantang Juara Bertahan Akane Yamaguchi di Perempat Final Kejuaraan Dunia 2023: Sejauh Ini, Ini yang Paling Jauh!

BACA JUGA:Gubernur Jabar Minta Tolong Padamkan Kebakaran TPA Sarimukti, BNPB Kerahkan Helikopter

Itu semua dibahas dalam materi Doan. Tak sekadar ceramah, Doan juga minta beberapa peserta untuk tampil dan bercerita tentang diri mereka sendiri. ’’Karena, kalau kata Plato, orang yang pandai bercerita akan menguasai masyarakat,’’ kata Doan.

Menurut Luvia Friska Narulita S.ST., M.T, Ketua Tim Pengelola WMK Untag Surabaya 2023, program itu bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang kewirausahaan kepada mahasiswa. Fokusnya pada pengembangan kemampuan wirausaha merdeka.

Dalam program yang dijalankan selama satu semester ini, peserta diajarkan teori dasar Kewirausahaan (KWU) selama bulan pertama. Namun, pembelajaran di dalamnya tidak sebatas teori. Tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill, termasuk keterampilan berbicara di depan umum (public speaking).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: