Donald Trump Menggerutu Setelah Ditahan: Hari Buruk untuk Amerika

Donald Trump Menggerutu Setelah Ditahan: Hari Buruk untuk Amerika

DONALD TRUMP menaiki tangga pesawatnya ketika meninggalkan Atlanta, Georgia, 24 Agustus 2023.-ANDREW CABALLERO REYNOLDS-AFP-

FULTON COUNTY, HARIAN DISWAY – Donald Trump menggerutu. ’’Ini adalah hari buruk untuk Amerika,’’ katanya di depan wartawan, Kamis, 24 Agustus 2023. Ketika itu, ia baru saja jadi tahanan negara bagian Georgia. Baru saja diproses di Fulton County Jail.

Di penjara itu, Trump tinggal selama 30 menit. Sebelum akhirnya dibebaskan dengan jaminan USD 200 ribu atau sekitar Rp 3 miliar.

’’Yang terjadi di sini adalah tragedi atas keadilan. Saya tidak melakukan kesalahan apa pun,’’ kata calon unggulan Partai Republik untuk pilpres 2024 tersebut.

Trump—tahanan dengan nomor PO1135809—itu sudah diincar empat kali oleh pengadilan sejak April 2023. Tetapi, itu dimanfaatkannya sebagai panggung penuh drama. Sebuah teater politik dan hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Amerika Serikat.

Tahun ini, Trump berhasil mengelak dari pengambilan foto resmi tahanan di New York. Di situ, ia dituduh menyuap Stormy Daniels, seorang bintang film porno. Ia juga tidak dipotret sebagai tahanan di Washington atas tuduhan konspirasi untuk menggagalkan pemilu 2020.
 

ILUSTRASI LAYAR X yang menunjukkan cuitan Donald Trump tentang status penahanannya.-CHRIS DELMAS-AFP-

Penangkapannya terjadi satu hari setelah Trump menolak untuk berpartisipasi dalam sebuah debat televisi di Milwaukee, Wisconsin. Padahal, ia dijadwalkan berdebat dengan delapan pesaingnya di Partai Republik dalam pilpres 2024. Dan semua kandidat itu tertinggal jauh di belakang Trump dalam jajak pendapat.

Namun, politisi 77 tahun itu memang masih digdaya. Enam kandidat lain mengaku masih akan mendukung Trump sebagai calon presiden. Bahkan seandainya Trump dinyatakan bersalah dan menjadi narapidana.

Di Georgia, Trump dituduh melakukan tindak pidana pencucian uang. Fani Willis, jaksa wilayah, secara berani memberi tenggat waktu bagi Trump dan 18 terdakwa lain untuk menyerahkan diri. Batasnya adalah Jumat, 25 Agustus 2023, pukul 12.00 waktu setempat.

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 12 orang yang menyerahkan diri. Termasuk Trump.

Mantan Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, menyerahkan diri pada Kamis dan dibebaskan dengan jaminan sebesar USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar.
 
BACA JUGA : Tahanan Bersejarah

Lalu ada Rudy Guilani, mantan wali kota New York dan pengacara pribadi Trump, sudah ditahan dan dibebaskan pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Beberapa puluh pendukung Trump terlihat berkumpul di luar penjara. Termasuk Shane Anderson yang bermalam di mobilnya. ’’Ini adalah penganiayaan politik,’’ seru Anderson.

Trump adalah presiden AS pertama dalam sejarah yang dihadapkan pada tuntutan pidana. Ia diperkirakan menjalani sidang tahun depan. Berbarengan dengan musim kampanye Partai Republik pada Januari 2024 atau musim kampanye pilpres pada November 2024.
 

PENDUKUNG DONALD TRUMP berdemonstrasi di depan Fulton County Jail, 24 Agustus 2023.-CHRISTIAN MONTERROSA-AFP-

Willis, jaksa distrik Georgia, awalnya mengusulkan bahwa kasus pencucian uang dimulai pada bulan Maret tahun depan. Tetapi, itu berbarengan dengan jadwal persidangan Trump di New York pada dakwaan menyuap Stormy Daniels.

Sedangkan kasus di Florida, yakni tuduhan pencurian dokumen pemerintah saat meninggalkan Gedung Putih, akan dilakoni Trump pada Mei 2024.

 

Artinya, tahun depan Trump akan sangat sibuk. Baik sebagai kandidat presiden atau—mungkin—calon pesakitan… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: