Tukar Bayi, Enam Bulan Jadi Sebulan

Tukar Bayi, Enam Bulan Jadi Sebulan

Ilustrasi bayi tertukar. Pertukaran akan dilakukan yang sebelumnya diputuskan setelah enam bulan jadi sebulan saja.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Namun, proses penyerahan bayi lebih rumit lagi. Sebab, Casanellas yang warga negara El Salvador adalah istri Richard Cushworth yang warga negara Inggris. Apalagi, mereka sudah tinggal di Texas.

Pihak Kedutaan AS di El Salvador ikut membantu. Baru sekitar sembilan bulan kemudian, Juni 2016, pertukaran bayi dilakukan. Itu berarti, Yacub sudah usia 13 bulan. 

Akhirnya, Yacub ditukar dengan bayi lelaki lain yang hasil uji DNA-nya cocok (identik 100 persen) dengan Casanellas. Tidak disebutkan nama ortu bayi lawannya Yacub.

Casanellas dan Richard Cushworth membawa pulang bayi mereka ke Texas. Mereka disambut antusias oleh masyarakat ketika tiba di bandara sana. Kemudian, bayi baru itu diberi nama Moses. 

Administrasi, birokrasi, peraturan, tidak pernah bisa selaras dengan urgensi hubungan batin ibu-anak dalam kasus begini. Meskipun, sudah ada hasil uji DNA. Proses pertukaran harus mengikuti birokrasi dan peraturan. Harus sangat teliti.

Sebaliknya, hubungan ibu-anak yang tersiksa butuh pertukaran segera. Birokrat tidak mau tahu, bagaimana rasanya ibu menyusui bayi yang (sudah diketahui melalui uji DAN) bukan anak biologis.

Tapi, kasus Bogor (sebulan) tergolong cepat. Dibanding kasus El Salvador, negara miskin di Amerika Tengah itu. Kalau bisa cepat, mengapa diperlambat? Bukan sebaliknya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: