PLN Percepatan SUTET 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2

PLN Percepatan SUTET 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2

PLN menggelar sosialisasi pengadaan tanah kepada masyarakat di Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.-Humas PLN-

KLATEN, HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) melalui Unitnya PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali  (PLN UIP JBTB) serta Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali 1 (PLN UPP JBTB 1) gencar melakukan upaya percepatan dalam rangka persiapan pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel-Pedan).

SUTET 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2 merupakan Proyek Strategis Nasional yang telah mendapatkan penetapan lokasi melalui Keputusan Gubernur Jawa Tengah No 590/33 Tahun 2022 yang terbit pada 07 September 2022. Infrastruktur kelistrikan ini akan melewati tiga kabupaten Provinsi Jawa Tengah. Yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten.

General Manager PLN UIP JBTB Anang Yahmadi menyampaikan, SUTET 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel-Pedan) akan menyalurkan daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati Unit 5 & 6 yang berkapasitas 20.000 MW yang akan menjadi jalur perkuatan sistem Jawa.

BACA JUGA:Waspadai Penipu Bermodus Petugas PLN

BACA JUGA:PLN Peduli Sukseskan Program Melek Aksara Masyarakat Kalipuro

Saat ini, PLN UIP JBTB melalui unitnya UPP JBTB 1 gencar menyosialisasikan pembebasan lahan di Kabupaten Klaten. Secara total kabupaten Klaten terlintasi sebanyak 44 tower dengan luasan 4,5705 hektar yang melalui 6 kecamatan dan 19 kelurahan dari keseluruhan lintasan 87 tower di Jawa Tengah.

Hadir dalam sosialisasi pengadaan tanah di Kecamatan Polanharjo pada 23 Agustus 2023, Kepala Kantor Pertanahan Kab Klaten Ir. Edi Priatmono M.Si; Camat Polanharjo Joko Handoyo HS, S.STP., M.Si; Kepala Desa Ngaran Sri Amidi, S.Pd;  Kepala Desa Kahuman Ida Andung Prihatin, S.Pd; Kepala Desa Borongan Slamet Setya Budi; Tim Pelaksana Pengadaan Tanah dan Satuan Tugas BPN Kab. Klaten; Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Klaten; Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Klaten; serta masyarakat Kecamatan Polanharjo.

Dalam sosialiasi, PLN menjelaskan rencana pelaksanaan pembangunan SUTET 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel-Pedan) yang dibutuhkan untuk kepentingan umum. PLN juga menjelaskan mengenai tahapan pengadaan tanah untuk infrastruktur ketenagalistrikan ini.

BACA JUGA:PLN Peduli Sukseskan Program Melek Aksara Masyarakat Kalipuro

BACA JUGA:PLN Ajak Masyarakat Pindah Ke Kendaraan Listrik, Beli Mobil Gratis Pasang Charger

Manager PLN UPP JBTB 1 Dicky Saputra mengapresiasi kehadiran masyarakat, pemerintah setempat, Kantor Pertanahan serta seluruh stakeholder terkait. Lebih lanjut Dicky mengungkapkan, sosialisasi pengadaan tanah ini sangat penting agar masyarakat dapat mengetahui terkait rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional ini yang merupakan program Pemerintah Pusat, serta manfaatnya untuk masyarakat luas. Selain itu agar masyarakat mengetahui bahwa pembangunan PLN membawa dampak baik serta telah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: