FIFA Akan Hukum Luis Rubiales 15 Tahun Tidak Boleh Berkecimpung di Sepak Bola Dunia

FIFA Akan Hukum Luis Rubiales 15 Tahun Tidak Boleh Berkecimpung di Sepak Bola Dunia

Federasi sepak bola dunia (FIFA) mulai mewacanakan hukuman paling berat kepada ketua RFEF atau PSSI-nya Spanyol, Luis Rubiales, karena nekat mencium bibir Jennifer Hermoso. Pemain sepak bola perempuan Spanyol itu naik panggung untuk menerima ucapan selama--

MADRID, HARIAN DISWAY - FIFA akan mendorong agar Luis Rubiales dilarang bermain sepak bola selama 15 tahun setelah FA Spanyol menolak presiden mereka yang memintanya untuk segera mengundurkan diri... dengan mengatakan bahwa perilakunya yang 'tidak dapat diterima' telah menyebabkan 'kerusakan besar'

FIFA terus mendorong agar Luis Rubiales dilarang berkecimpung di sepak bola selama 15 tahun. Ancaman itu disampaikan  setelah sejumlah elemen dalam federasi sepak bola Spanyol menarik dukungan terhadapnya. 

Ketua FA Spanyol meminta Rubiales, 46, untuk segera mengundurkan diri, dengan mengatakan perilakunya yang ‘tidak dapat diterima’ telah menyebabkan ‘kerusakan besar pada citra sepak bola Spanyol’.

Perubahan arah ini menyusul ancaman dari FIFA yang akan melarang tim nasional dan klub elite Spanyol mengikuti kompetisi internasional jika FA Spanyol menolak menerima hukuman mereka terhadap Rubiales.

Sumber yang terlibat dalam proses disipliner mengatakan bahwa FIFA mendorong hukuman bagi Rubiales hingga 15 tahun – jumlah maksimum yang diizinkan oleh undang-undang mereka. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan terhadap tim dan klub nasional Spanyol jika keputusan tersebut ditentang.

Rubiales pekan lalu diberi skorsing sementara selama 90 hari oleh FIFA, namun tetap mendapat dukungan dari FA Spanyol, sambil menunggu hasil penyelidikan internal atas perilakunya yang luar biasa dalam mencium bibir Jennifer Hermoso menyusul kemenangan final Piala Dunia Wanita timnas Spanyol atas Inggris.

Setelah pertemuan lima jam pada hari Senin, FA Spanyol mengonfirmasi bahwa mereka kini telah meminta Rubiales untuk mundur.

Dalam perkembangan luar biasa lainnya pada hari Senin, terungkap bahwa salah satu tindakan terakhir Rubiales sebelum skorsingnya pada Jumat lalu adalah menginstruksikan FA Spanyol untuk menulis surat kepada UEFA untuk mengeluhkan campur tangan pemerintah dan meminta agar federasi tersebut ditangguhkan. Artinya, tim nasional Spanyol dilarang bermain di kompetisi internasional. Demikian juga dengan klub-klub seperti Real Madrid dan Barcelona. Mereka tidak akan diizinkan bertarung di Liga Champions dan berbagai tingkatan kompetisi antarklub Eropa dari berbagai tingkatan. 

BACA JUGA:Kalakuan Rubiales Bisa Bikin Madrid dan Barca Absen Liga Champions, RFEF Ancam Keluar dari UEFA

BACA JUGA:Kapten The Magpies, Jamaal Lascelles, Terlibat dalam Duel Jalanan di Kota Newcastle

Namun UEFA menolak permintaan tersebut karena proses disipliner sedang ditangani oleh FIFA, dan kini menganggap surat tersebut tidak sah karena Rubiales telah digantikan oleh presiden sementara, Pedro Rocha.

Dalam pernyataan menghasut yang dirilis akhir pekan lalu, FA Spanyol di bawah arahan Rubiales juga menuduh Hermoso berbohong.

“RFEF (FA Spanyol atau PSSI-nya Spanyol) dan presiden akan menunjukkan kebohongan yang disebarkan baik oleh seseorang atas nama pemain atau, jika ada, oleh pemain itu sendiri,” bunyi pernyataan tersebut. Hal ini ditanggapi dengan penolakan keras oleh Hermoso dalam balasannya yang panjang.

‘’Kenapa Rubiales tidak mencium bibir semua pemain. Kenapa ia hanya mencium bibir Hermoso. Artinya, itu sangat tendensius. Seolah-olah ia menunjukkan kepada semua orang bahwa ia punya hubungan istimewa dengan Hermoso,’’ tulis El Mundo Deportivo dalam tajuknya, Selasa, 29 Agutus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: