Kalakuan Rubiales Bisa Bikin Madrid dan Barca Absen Liga Champions, RFEF Ancam Keluar dari UEFA

Kalakuan Rubiales Bisa Bikin Madrid dan Barca Absen Liga Champions, RFEF Ancam Keluar dari UEFA

Presiden RFEF Spanyol mengangkat Athenea del Castillo yang baru menjuarai Piala Dunia Perempuan 2023. Aksi lainnya yang dianggap berlebihan adalah mencium Hermoso.-David Gray/AFP-

HARIAN DISWAY - Kontroversi Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales makin memanas. Ia mencium pemain Timnas Perempuan Spanyol Jennifer Hermoso yang berujung pada gelombang kritik di berbagai belahan dunia. Ciuman itu dianggap sebagai pelecehan seksual.

Real Madrid dan Barcelona pun bisa mendapatkan dampak dari kasus itu. RFEF mengancam keluar dari UEFA dan FIFA. Gertakan itu muncul setelah Rubiales terkena skorsing FIFA.

Kasus tersebut bermula saat Timnas Perempuan Spanyol memenangkan Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru.

Kegembiraan berubah jadi drama ketika Luis Rubiales, yang merupakan Presiden RFEF mencium Jennifer Hermoso di depan publik. Niatnya untuk meluapkan kegembiraan. Namun, sang pemain curhat ke Marca bahwa dia tak senang dengan perlakuan itu.

BACA JUGA:Skandal Piala Dunia Perempuan 2023: Pemain dan Pelatih Timnas Spanyol Mundur usai Juara

BACA JUGA:Ini Nama Pengganti Luis Enrique di Timnas Spanyol

Aksi ini memicu kontroversi luas di dunia sepak bola dan membuat banyak pihak terkena dampaknya. 

Rubiales membela diri. Katanya, tindakannya itu didasari kasih sayang, tanpa niatan buruk. Sebab, Spanyol baru saja menjuarai Piala Dunia Perempuan. Momennya masih selebrasi.


Aksi tak senonoh Rubiales ke Jenni Hermoso usai Spanyol menjadi Juara Dunia sepak bola perempuan.-GettyImages-

Kasus itu tidak hanya memicu reaksi publik dan demonstrasi di Spanyol. FIFA ikut turun tangan. FIFA menilai tindakan Rubiales mencemarkan citra Piala Dunia. FIFA memberikan skorsing ke Luis Rubiales dari segala aktivitas sepak bola di tingkat nasional dan internasional.

BACA JUGA:Sensasi 1.000 Laga Klopp

BACA JUGA:Jihyo Ngeprank, TWICE Bakal Konser di Jakarta International Stadium, Ini Jadwalnya!

Reaksi atas aksi Rubiales bermunculan dari berbagai pihak. Pemain-pemain ternama seperti David de Gea, Iker Casillas, serta tim Liga F (Liga Wanita Spanyol) memberikan dukungan pada Jennifer Hermoso. 

Bahkan Pemerintah Spanyol mendesak RFEF untuk memberhentikan Rubiales dari jabatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: