Sudah Ganti Nama Masih Celaka, Ini 5 Tabrakan Maut yang Melibatkan Bus Grup Sumber Kencono

Sudah Ganti Nama Masih Celaka, Ini 5 Tabrakan Maut yang Melibatkan Bus Grup Sumber Kencono

SUDAH ganti nama masih celaka, ini 5 tabrakan maut yang melibatkan bus Grup Sumber Kencono.-Sumber Group Wordpress-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Dalam 15 tahun terakhir, Sumber Kencono identik dengan kecelakaan.

Pada periode 2009-2011, begitu seringnya armada bus tersebut mengalami kecelakaan fatal yang menyebabkan orang meninggal. Baik itu penumpang maupun pengendara lain.

Meski Sumber Kencono sudah berubah menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu pada 2012, kecelakaan yang melibatkan bus-bus Sumber Group terus terjadi. Meskipun agak berkurang.

Yang terbaru, kecelakaan terjadi antara bus Eka yang bertabrakan dengan bus Sugeng Rahayu di Kecamatan Geneng, Ngawi, pada Kamis pagi, 31 Agustus 2023. Akibat kejadian itu, empat orang meninggal.

Berikut ini daftar kecelakaan yang melibatkan bus Sumber Kencono dan anak-anaknya, Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu.

BACA JUGA: Korban Kecelakaan Maut Jadi 4 Orang, Ini Kronologi Tabrakan Bus Eka vs Sugeng Rahayu di Ngawi

1. Sumber Kencono vs Suzuki Carry, 2005

Pada peristiwa yang terjadi pada Agustus 2005 ini, bus Sumber Kencono menabrak Suzuki Carry di Desa Tiron, Kecamatan Ngelames, Tiron, Madiun, Jawa Timur. Pengemudi Carry tersebut tewas, dan tujuh lainnya luka parah.

Kecelakaan bermula ketika bus Sumber Kencono yang dikemudikan Suwarno melaju kencang dari arah Madiun menuju Surabaya.

Suwarno mengarahkan badan bus ke kanan untuk mendahului pengendara sepeda motor. Namun, karena terlalu tajam, bus tak mampu menghindari Suzuki Carry yang datang dari arah berlawanan.

Bus terpelanting ke bahu jalan, sedangkan mobil Carry tercebur ke sungai.

BACA JUGA: Sejarah Bus Sugeng Rahayu, Anak Sumber Kencono yang Kabotan Jeneng Hingga Sering Terlibat Kecelakaan

2. Sumber Selamat vs Isuzu Elf, 2012  

Kali ini, Sumber Kencono menabrak sebuah Isuzu Elf di Jalan Solo-Semarang, Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Kejadiannya Sabtu, 5 Mei 2012 pukul 19.00 WIB. Awalnya korban meninggal berjumlah empat orang. Mereka meninggal di lokasi kejadian dan di rumah sakit.

Pada Minggu, 6 Mei 2012, korban meninggal bertambah dua orang. Sehingga total menjadi 6 orang meninggal. Selain itu, dua penumpang minibus mengalami luka berat. Dan 16 lainnya luka ringan.

BACA JUGA: Hancur Lebur! Begini Penampakan Bus Eka dan Sugeng Rahayu yang Tabrakan di Ngawi

Para korban penumpang minibus itu adalah rombongan yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Mereka dalam perjalanan ke Bantul, Yogyakarta, untuk acara lamaran pengantin.

3. Sumber Kencono vs Motor, 2012

Enam orang tewas dan belasan lainnya luka-luka setelah bus Sumber Kencono menabrak sepeda motor di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo, Madiun.

Peristiwa itu terjadi pada malam tahun baru 2012, tepatnya pada 1 Januari 2012. Penumpang bus yang selamat menceritakan, bus Sumber Kencono memang berjalan sangat kencang dari arah Nganjuk menuju Madiun.

Bus itu sangat kencang, seolah hendak mengejar bus Sumber Kencono lain yang ada di depannya. Ketika hendak menyalip sebuah mobil, ternyata di depan bus ada sepeda motor. Bus terguling dan menghantam warung di pinggir jalan.

BACA JUGA: Kecelakaan Bus Eka dan Sugeng Rahayu: Ambulan Mulai Berdatangan Evakuasi Korban

4. Sumber Kencono vs Elf, 2011


SUDAH ganti nama masih celaka, ini 5 tabrakan maut yang melibatkan bus Grup Sumber Kencono.-Istimewa-

Ini salah satu kecelakaan terburuk yang melibatkan Sumber Kencono. Terjadi di jalur Bypass Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, 12 September 2011 dini hari.

Tak kurang, 20 korban tewas dari kecelakaan tersebut. termasuk pengemudi kedua kendaraan.

Kronologinya, Isuzu Elf yang merupakan mobil travel itu hendak mendahului kendaraan yang ada di depannya. Namun, dari arah berlawanan muncul bus Sumber Kencono yang sangat kencang.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Dampak Bus Eka Tabrakan dengan Sugeng Rahayu di Ngawi, Tiga Orang Dikabarkan Tewas

Perlu dicatat, kali ini pengemudi bus Sumber Kencono tidak bersalah. Yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Dodik, sopir Elf. Namun, karena ia juga tewas, peristiwa itu tidak dibawa ke jalur hukum.

5. Sumber Kencono vs Truk, 2011


SUDAH ganti nama masih celaka, ini 5 tabrakan maut yang melibatkan bus Grup Sumber Kencono. -Istimewa-

Ya, 2011 memang puncak musim kecelakaan yang melibatkan bus Sumber Kencono. Pada 23 Mei 2011, salah satu armada bus Sumber Kencono menabrak truk di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabuaten Madiun.

Sepuluh orang tewas akibat kejadian tersebut. Sedangkan sang sopir, Mustari, menjadi tersangka. Ia menjadi pemicu tunggal kecelakaan, dengan cara menyetir zigzag dalam kecepatan tinggi.

Itulah beberapa daftar kecelakaan yang melibatkan bus Sumber Kencono maupun Sumber Selamat. Mari selalu tertib berkendara agar tidak membahayakan sesama pengguna jalan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber