Ke Medan, Presiden Persebaya Buka Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar, Energen Champion SAC Indonesia

Ke Medan, Presiden Persebaya Buka Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar, Energen Champion SAC Indonesia

Azrul Ananda (CEO sekaligus Founder DBL Indonesia), Luhut Binsar Panjaitan (Ketua Umum PB PASI), Masany Audri (Direktur DBL Indonesia), dan Yanto S. Utomo (Direktur Utama Disway National Network)--

MEDAN, HARIAN DISWAY - Presiden Persebaya Azrul Ananda kembali terlihat dengan pembinaan atlet-atlet muda di Indonesia. Hari ini, Jumat 1 September 2023, fouder sekaligus CEO DBL Indonesia itu dijadwalkan membuka kompetisi atletik pelajar terbesar se-Indonesia, di Medan.

Kompetisi itu adalah Energen Champion SAC Indonesia 2023. Itu adalah kompetisi atletik yang dihelat DBL Indonesia bersama PB PASI. Sudah dua musim kompetisi berjalan. Konsepnya dibuat mirip dengan kompetisi basket DBL, yang sudah berjalan 19 tahun lamanya.

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia dibuka di kota Medan. Ibu kota provinsi Sumatera Utara itu menjadi tuan rumah untuk babak kualifikasi se-Sumatera atau Sumatera Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifier digelar Jumat-Minggu, 1-3 September 2023 di Stadion Unimed, Medan.

Pada hari pembuka terbagi menjadi dua sesi dengan total empat event utama yaitu sprint (lari jarak pendek), middle distance (lari jarak menengah) shot put (tolak peluru) dan long jump (lompat jauh).

Sesi Pertama

Sesi pertama dimulai pukul 07.00 WIB dengan agenda soft opening. Di mulai pukul 08.00 WIB, peserta SMA akan mengikuti babak penyisihan 1.000 meter putra.

Dari babak ini akan diambil 12 orang dengan perolehan waktu terbaik untuk bersaing di babak final.

Kemudian pada pukul 08.05 WIB akan dilanjutkan dengan lompat jauh putra tingkat SMA. Pukul 08.10 WIB akan dilanjutkan dengan tolak peluru putri tingkat SMA.

Agenda lanjutan untuk sesi pertama adalah babak penyisihan 100 meter putri untuk peserta SMA pada pukul 09.15 WIB. Kemudian pada pukul 10.15 WIB akan dilanjutkan dengan babak penyisihan lari 80 meter untuk peserta SMP.

Setelah serangkaian nomor lomba di sesi satu usai, akan banyak permainan dan trivia menarik yang dapat diikuti peserta dan ofisial Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers.

BACA JUGA:Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia Kembali Digelar, Diawali di Sumatera Qualifiers

Sesi Kedua

Sesi kedua terlebih dulu dibuka dengan seremoni opening Energen Champion SAC Indonesia 2023. Yup, musim baru Energen Champion SAC Indonesia memang dimulai di Medan ini. Setelah itu Energen Champion SAC Indonesia 2023 baru digelar di qualifiers lain.

Lomba sesi kedua dimulai pukul 15.00 WIB dengan babak penyisihan 100 meter putra untuk peserta SMA. Pada pukul 15.05 WIB akan diadakan lompat jauh putri tingkat SMA.

Kemudian pada pukul 15.10 akan dilanjutkan dengan tolak peluru putra tingkat SMA. Agenda dilanjutkan dengan babak penyisihan 60 meter putri untuk peserta SD.

Sesi kedua ditutup dengan nomor lomba 1.000 meter putri untuk peserta SMA.

BACA JUGA: Kagum dengan Antusiasme Peserta Energen Champion SAC Indonesia

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia akan diikuti para peserta dari sekolah-sekolah di seluruh Sumatra.

Sumatra Qualifiers menjadi satu dari rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pula di West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Luhut: Pemenang Nasional Energen Champion SAC Indonesia 2022 Dikirim Training Camp ke Australia

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship. Juara dari babak National Championship dapat mengikuti training camp ke luar negeri.(Kezia Kevina Harmoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: