Dikawal Ketat, Beginilah Pengamanan Ekstra Para Kepala Negara di KTT ke-43 ASEAN Jakarta

Dikawal Ketat, Beginilah Pengamanan Ekstra Para Kepala Negara di KTT ke-43 ASEAN Jakarta

Motor listrik Zero yang dipakai pasukan pengawalan kepala negara peserta KTT ASEAN di Jakarta.-Youtube Sekretariat Negara-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Hari ini, 5 September 2023 seluruh kepala megara ASEAN mulai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 Jakarta. Acara berlangsung tiga hari. Hingga 7 September 2023. Pengamanan untuk mereka pun sangat istimewa. Ketat, tetapi tetap green.

Sejumlah tokoh memang hadir pada acara yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut. Misalnya, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, PM Kamboja Hun Manet, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Laos Sonecay Spihandone, atau PM Timor Leste Xanana Gusmao.

Hadir pula undangan non-anggota ASEAN. Misalnya, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin dan PM Kepulauan Cook Mark Brown.

BACA JUGA : Buka KTT ke-43 ASEAN, Jokowi Tak Mau Jadi Proksi Kekuatan Siapapun

Karena itu, sebagai tuan rumah, Indonesia pun memberikan keamanan ekstra bagi 30 kepala negara/kepala pemerintahan dari ASEAN atau negara mitra tersebut.


Hyundai Ioniq 5 yang menjadi mobil pengawalan kepala negara peserta KTT ke-43 ASEAN.-Youtube Sekretariat Negara-

Indonesia menyediakan 480 kendaraan listrik untuk penyelamatan dan pengawalan.

’’Motor pengawalan dan penyelamatan menggunakan motor listrik jenis Zero,’’ ucap Letkol CPM Raindy Sugito, Dansub Satgas Walmor PAM VVIP, yang dikutip oleh YouTube Biro Pers dan Sekretariat Presiden, Selasa, 5 September 2023.

Kendaraan ramah lingkungan juga dipakai untuk mobil pengawalan. Sebagian besar memakai Hyundai Ioniq 5.

Tentu, masih ada dukungan 20 mobil VVIP yang terdiri atas BMW i7 dan Toyota bZ4X. Inilah yang akan dipakai oleh para kepala negara undangan.


BMW i7 ini dipakai untuk kendaraan kepala negara peserta KTT ke-43 ASEAN, 5-7 September 2023.-Youtube Sekretariat Negara-

Tak tanggung-tanggung, Indonesia memastikan pengamanan dalam standar tertinggi untuk mengawal kepala negara peserta KTT. Letkol Raindy juga memastikan bahwa pengamanan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan koordinasi matang.

’’Kami juga berkoordinasi dengan satuan-satuan pengamanan wilayah untuk memastikan ring satu, ring dua, dan ring tiga aman” ujarnya.

Seluruh upaya itu diharapkan bisa menjamin keamanan seluruh perwakilan negara peserta serta mendukung kesuksesan KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: