Jokowi Canangkan 93 Proyek Senilai Rp 580 Triliun, Kerjasama KTT ASEAN Ke-43

Jokowi Canangkan 93 Proyek Senilai Rp 580 Triliun, Kerjasama KTT ASEAN Ke-43

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF).-Media Center KTT ASEAN 2023. -

JAKARTA,  HARIAN DISWAY - Presiden mengungkapkan kabar gembira pada pidato pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, Selasa, 5 September 2023.

Pertemuan itu mencanangkan 93 Proyek Hasil Kerjasama dari KTT ASEAN Ke-43 Jakarta. Nilainya USD 38,2 miliar atau setara dengan Rp 580 triliun.

Kerjasama itu sebagai implementasi visi AIPF: Habit of Cooperation. AIPF memiliki konsep win-win formula yang bertujuan untuk mengubah rivalitas di kawasan Indo-Pasifik menjadi kerjasama yang saling menguntungkan.

Terdapat tiga agenda utama yang diusung, yakni Infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh, pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif, serta transformasi digital dan ekonomi kreatif.

"Yang pertama, Infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh. Ekonomi ASEAN akan menjadi lebih kuat melalui diversifikasi industri dan pembangunan ekosistem Electric Vehicle (EV) sebagai contoh konkrit dalam membangun rantai pasok regional," kata Jokowi.

BACA JUGA:KTT Ke- 43 ASEAN: Jokowi Akan Pimpin 12 Sidang dan 13 Pertemuan Bilateral

BACA JUGA:Chef Arnold dan Presiden Jokowi Pantau Menu Gala Dinner KTT ASEAN

Kedua, pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif. ASEAN membutuhkan USD 29,4 triliun untuk transisi energi, dan diperlukan skema pembiayaan yang inovatif melalui kemitraan yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Sedangkan yang ketiga, Transformasi digital dan ekonomi kreatif, ekonomi digital di ASEAN pada tahun 2030 diperkirakan akan tumbuh hingga USD 1 triliun, dan adopsi inovasi digital harus diperkuat untuk mendukung ekonomi kreatif dan UMKM.

ASEAN, dengan populasi sekitar 680 juta jiwa, merupakan pasar potensial dengan peluang investasi yang menjanjikan.


Pertemuan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023 di Jakarta. -ist-

Presiden Jokowi menekankan bahwa pencapaian kesepakatan dalam bisnis kerjasama sejumlah 93 Proyek Kerjasama KTT ASEAN Ke-43 merupakan bukti dukungan dan komitmen kuat negara-negara ASEAN dan mitra-mitra ASEAN.

BACA JUGA:Potret Siwon Super Junior di KTT ASEAN 2023, Foto Bareng Wapres Hingga Ajak Investasi untuk Kesehatan Anak

BACA JUGA:Buka KTT ke-43 ASEAN, Jokowi Tak Mau Jadi Proksi Kekuatan Siapapun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: