Ekstrem! Ed Sheeran Batalkan Konser 1,5 Jam Sebelum Acara, Ternyata Ini Penyebabnya

Ekstrem! Ed Sheeran Batalkan Konser 1,5 Jam Sebelum Acara, Ternyata Ini Penyebabnya

EKSTREM! Konser Ed Sheeran di Las Vegas dibatalkan 1,5 jam sebelum acara, ternyata ini penyebabnya. -Hannah McKay-Pool-AFP

HARIAN DISWAY – Puluhan ribu calon penonton konser Ed Sheeran di Allegiant Stadium, Las Vegas, shocked. Sewaktu mengantre masuk, mereka mendengarkan pengumuman bahwa konser batal.

Hal itu kemudian ditegaskan sang penyanyi sendiri di akun media sosialnya.

’’Aku enggak percaya harus menulis ini. Tapi, ada beberapa halangan yang kami hadapi dalam persiapan konser di Vegas. Enggak mungkin konser ini jalan,’’ tulis Ed Sheeran.

Ia meminta maaf sedalam-dalamnya kepada fans yang sudah menyemut di depan venue. Sebagian lagi sudah berhasil masuk stadion. Dan menempati tempat duduk di tribun.

BACA JUGA: Karena Thinking Out Loud, Ed Sheeran Digugat Hak Cipta Lagi

’’Aku tahu, kalian sudah menempuh perjalanan jauh buat menonton konser ini. Kuharap aku bisa mengubah (situasi),’’ lanjut pelantun Castle on the Hill itu.

Ed Sheeran kemudian menjelaskan, bahwa konser di Vegas akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023. Semua pemegang tiket otomatis bisa menonton di tanggal tersebut.

’’Sekali lagi, aku minta maaf. Aku minta maaf banget,’’ tulis penyanyi asal Skotlandia tersebut.

BACA JUGA: Seru-seruan, Chris Hemsorth Tukar Palu Thor dengan Gitar Ed Sheeran

Fans Kecewa Berat


EKSTREM! Konser Ed Sheeran di Las Vegas dibatalkan 1,5 jam sebelum acara, ternyata ini penyebabnya.-Ellen Schmidt-Review Journal

Masalahnya, pengumuman itu benar-benar mepet dengan jam konser. Konser dimulai pukul 20.00 waktu setempat. Sedangkan pengumuman dari pihak promotor dan pernyataan Ed Sheeran baru nongol pada pukul 18.30. Bayangkan betapa kesalnya fans yang sudah lelah mengantre dari pagi.
 
Salah seorang di antara mereka bernama CJ Fuentes. Ia sudah berdiri di antrean selama beberapa jam. Ia melihat-lihat Instagram untuk mengusir bosan. Tiba-tiba, ia membaca unggahan Ed Sheeran. Ia segera berbalik, dan mengumumkan apa yang ia baca ke sesama pengantre.

Steve Polevoi, yang sedang mengantre bersama anak perempuannya, langsung kecewa.

’’Kejadian ini mencoreng muka promotor, dan Ed Sheeran juga, karena buruknya komunikasi mereka,’’ kata Polevoi, seperti dikutip Review Journal.


EKSTREM! Konser Ed Sheeran di Las Vegas dibatalkan 1,5 jam sebelum acara, ternyata ini penyebabnya.-Ellen Schmidt-Review Journal

BACA JUGA: Hendak Syuting Klip Video, Ed Sheeran Bantu Proses Pencarian Orang Hilang

Rachael Johonson dan Alex Newill, yang datang jauh-jauh dari Phoenix untuk menonton konser Ed Sheeran, juga kecewa. Mereka memang membaca unggahan Ed Sheeran. Tapi mereka terlanjur tiba di Las Vegas. Mereka menyesalkan pengumuman itu tidak dirilis lebih awal.

Hal itu juga yang membuat Marr Wenet dan Raeann Schneider sangat kecewa. Pasangan itu datang jauh-jauh dari Saskatchewan, Kanada.

Mereka mengeluarkan uang sebesar USD 400 (sekitar Rp 6 juta) per orang untuk tiket perjalanan ke Las Vegas. Menonton konser Ed Sheeran bersama sejatinya adalah perayaan ulang tahun Schneider yang ke-28.

BACA JUGA: Kolaborasi Manis Ed Sheeran dengan Pokemon dalam Celestial

’’Yang bikin kecewa adalah, kini kami sudah pasti tidak bisa menontonnya. Karena kami jelas enggak akan mengeluarkan uang sebanyak itu lagi hanya untuk kembali ke Vegas,’’ ungkap Schneider.

’’Ia lah (Sheeran, Red) alasan kami pergi ke Vegas. Kami enggak akan ke sini kalau bukan untuk menonton konsernya,’’ lanjut dia.

Problem Produksi


EKSTREM! Konser Ed Sheeran di Las Vegas dibatalkan 1,5 jam sebelum acara, ternyata ini penyebabnya.-Ellen Schmidt-Review Journal

Sebenarnya, apa yang bikin Ed Sheeran nekad membatalkan konser 1,5 jam sebelum pertunjukan?

Penyanyi Thinking Out Loud itu memang tidak menjelaskan lebih detail alasan ia membatalkan konser. Namun, menurut info dari sebuah sumber dari pihak Allegiant Stadium, pembatalan itu berkaitan dengan masalah produksi.

Konsep konser Ed Sheeran kali ini memang berbeda. Dalam rangkaian tur Mathematics ini, Ed Sheeran dan band-nya bakal tampil di atas panggung berbentuk bundar. Tepat di tengah-tengah lapangan.

BACA JUGA: Cerita Ed Sheeran Menjalani Isolasi Covid-19 Bersama Si Kecil Lyra

Di atas panggung, terdapat layar LED yang dipasang melingkar, benar-benar 360 derajat. Di sekelilingnya, ada enam menara sound berbentuk seperti pilar-pilar keren yang condong ke arah penonton. Rumit, memang.

Sebelum pembatalan, stadion sudah mengumumkan bahwa waktu konser mundur beberapa jam. Sepertinya, saat itu sudah produksi sudah bermasalah. Namun, promotor masih berharap mereka mampu menyelesaikannya sebelum pukul 20.00.

Saat pintu stadion—akhirnya—dibuka pada pukul 17.00, fans sudah menggerundel. Namun, mereka senang karena setidaknya Ed Sheeran ada di sana. Setelah check sound, ia tidak meninggalkan stadion. Penyanyi 32 tahun itu melayani permintaan selfie dan memberikan tanda tangan.

BACA JUGA: Ed Sheeran Menang Gugatan Hak Cipta Shape of You, Dapat Rp 16,4 M


EKSTREM! Konser Ed Sheeran di Las Vegas dibatalkan 1,5 jam sebelum acara, ternyata ini penyebabnya.-Ellen Schmidt-Review Journal

Namun, beberapa fans yang masih di luar stadion banyak yang pingsan akibat kepanasan dan kurangnya pasokan air. Bahkan yang di dalam pun ada yang pingsan karena pengap.

Fuentes bilang, setidaknya ia lihat ada lima orang yang dibawa keluar dari dalam stadion menggunakan kursi roda.

’’Kami menyesalkan antisipasi masalah keselamatan dan komunikasi mereka yang buruk,’’ katanya. ’’Para petugas keamanan yang repot-repot mengevakuasi penonton ke tenda medis, harus mengumumkan pembatalan, dan sebagainya. Sungguh tak bisa diterima,’’ ungkapnya kesal.

Konser Ed Sheeran di Las Vegas adalah bagian dari tur dunia Mathematics. Tur itu sudah dimulai pada 23 April 2023. Dan rencananya bakal berakhir di Inglewood, Los Angeles, pada 23 September 2023 mendatang. Sejauh ini, konser tersebut sudah disaksikan 4,5 juta orang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber