Ada Beda Lo Antara Gosip dengan Curhat, Inilah 3 Cara Membedakannya Versi Penjelasan Terapis

Ada Beda Lo Antara Gosip dengan Curhat, Inilah 3 Cara Membedakannya Versi Penjelasan Terapis

Ilustrasi seorang pekerja yang mengatakan sebuah gosip kepada rekan kerjanya hingga rekan kerjanya terkejut mendengar-Masterlife-www.masterfile.com

HARIAN DISWAY- Berdalih curhat sering dipakai para tukang gosip. Padahal keduanya memiliki pemaknaan yang berbeda. Sangat berbanding terbalik.

Gosip dan curhat biasanya memiliki obrolan yang cenderung tentang seseorang dan dilakukan lebih dari 1 orang. Bahkan bisa dalam bentuk kelompok. 

Namun ada perbedaannya yang mencolok. Tampak dari isi obrolannya. Curhat lebih membahas persoalan kehidupan orang yang sedang curhat kepada orang yang dicurhati.

Sedangkan gosip lebih membahas persoalan kehidupan orang lain yang tidak ikut tergabung dalam sesi curhat.

Lebih jelasnya, seorang terapis, Naiylah Warren, menjelaskan pengertian gosip kepada Insider. “Gosip sering dikaitkan dengan berbagi informasi. Biasanya informasi tentang seseorang tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka,” katanya.

“Bahkan ada yang melebih-lebihkan atau memalsukan cerita tentang seseorang kepada orang lain,” imbuh manajer konten klinis dari aplikasi hubungan Real itu.

BACA JUGA: Tiga Pertanda Ketidakseriusan Pasangan dalam Hubungan, Ada Yang Utamakan Hawa Nafsu Belaka

Gosip dapat ditemukan di mana-mana. Dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Ada yang mengatakan gosip itu menyenangkan. Pembahasannya pun bermacam-macam. Ada yang membahas seputar keluarga, teman kerja, dan lain-lain.

Apalagi seputar kehidupan selebriti. Makanan sehari-harinya para ibu-ibu bila pada berkumpul.

Padahal banyak orang tahu, gosip itu adalah senjata beracun. Sangat berbahaya bagi orang lain. “Semua jenis gosip dapat menyakiti orang yang dibicarakan dan orang yang bergosip,” katanya.

Bahkan jarang orang tahu, dampak gosip bisa mempengaruhi kehidupan seseorang jika gosip itu menyebar. 

Maka dari itu, Warren menjelaskan bagaimana membedakan keduanya kepada Insider. Dengan begitu, setiap orang dapat membaca dan bisa menerapkannya ketika sedang mengobrol.

Gosip berfokus pada pembahasan orang lain, bukan diri sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: insider