Jaga Estetika Surabaya, PLN Tata Kabel Fiber Optik

Jaga Estetika Surabaya, PLN Tata Kabel Fiber Optik

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Bayangkan Jalan A Yani, Surabaya 10 tahun lalu. Kabel-kabel semrawut mengganggu estetika kota. PLN Icon Plus sebagai pemilik utilitas, merapikan asset jaringan fiber optiknya. 

Kabel fiber optik merupakan kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus. Kegunaannya adalah untuk mengantarkan sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi.

Kegiatan yang berlangsung pada 16 September 2023 ini bertujuan untuk menjaga asset, estetika dan kualitas layanan kepada pelanggan.

Kali ini, kegiatan perapian jaringan fiber optic milik PLN Icon Plus dilaksanakan di jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Petugas yang yang diterjunkan terdiri dari 7 orang dengan satu orang pengawas dan satu petugas K3. 


7 Personil PLN yang menata kabel semrawut di Jl. Ahmad Yani -Ahkyar Shubekhi/Harian Disway-

“Ini merupakan komitmen PLN Icon Plus dalam menjaga asset atau Right of Way (RoW) milik PLN,” tutur Rory Aditya, Senior Manajer PLN Icon Plus Regional Jawa Bagian Timur.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) serta mematuhi aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) petugas menata kabel yang digunakan sebagai media penghantar sinyal internet yang terhubung ke pelanggan melalui jaringan PLN.

BACA JUGA:Lewat Co-firing, 40 PLTU PLN Group Mampu Turunkan Emisi hingga 429 Ribu Ton CO2

BACA JUGA:PLN Audiensi dengan Pemkab Klaten untuk PSN

Perapian dan perawatan kabel dilakukan agar kabel terpasang rapi dan tertata dengan baik sehingga lingkungan tidak terganggu.

Selain itu, perapian dilakukan untuk mempermudah proses perawatan dan perbaikan jika terjadi gangguan pada kabel atau jaringan internet

“Kami melakukan perapian kabel supaya tidak terlihat semrawut dan tahu yang nempel punya siapa saja” kata pengawas pekerjaan, Farizal Arifin.

Jaringan kabel yang terpasang sangat mempengaruhi kecepatan dan kualitas koneksi internet. Sehingga, dibutuhkan perawatan dan perapian secara berkala dan professional oleh PLN Icon Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: