2 Ribu Sate Komoh Disiapkan Pemkot Pasuruan untuk Gaungkan Kuliner Khas Daerah

2 Ribu Sate Komoh Disiapkan Pemkot Pasuruan untuk Gaungkan Kuliner Khas Daerah

Sebagai kota yang dihuni beragam suku, Kota Pasuruan punya banyak makanan khas. Salah satunya sate komoh yang lezat ini.-Cookpad-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Mengunjungi Kota Pasuruan tidak lengkap jika belum menyicipi makanan khasnya. Sebagai kota yang dihuni beragam suku, Kota Pasuruan punya banyak makanan khas. Di antaranya rawon dan sate komoh.

Karena itu Pemkot Pasuruan bakal menggaungkan lebih luas hidangan satu ini lewat festival makanan khas yang akan digelar Selasa, 19 September 2023 di halaman Gedung Harmonie.

Ada sekira 2 ribu tusuk sate komoh yang akan dihidangkan gratis oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan.

M. Faqih, kepala Dinkop dan UMKM Kota Pasuruan mengatakan, sate komoh layak diangkat dan dikenalkan lebih luas sebagai makanan khas Kota Pasuruan, karena makanan satu itu sudah melegenda dan hanya ada di Kota Pasuruan.

"Kota Pasuruan tidak bisa dipisahkan dari makanan khasnya yaitu rawon dan sate komoh. Apalagi sate komoh dengan bahan baku dan resep yang sudah turun-temurun," ungkapnya.

Pengenalan luas sate komoh sebagai makanan khas Kota Pasuruan diharapkan berdampak pada ekonomi UMKM kuliner di Kota Pasuruan yang disebut Faqih terus mengalami kenaikan jumlahnya.

Ia berharap dengan festival makanan khas itu juga menjadi pengakuan bahwa sate komoh adalah makanan khas dari Kota Pasuruan.

Sebelumnya, Dinas Perikanan setempat juga sudah beberapa kali menggelar festival serupa untuk mengangkat bandeng Jelak yang merupakan bandeng khas Kota Pasuruan. Festival-festival kuliner khas tersebut diharapkan mampu menggenjot perekonomian UMKM Kota Pasuruan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: