Bukan Sekadar Penyedap Masakan, Berikut Aneka Manfaat Lemon Buat Kesehatan

Bukan Sekadar Penyedap Masakan, Berikut Aneka Manfaat Lemon Buat Kesehatan

BUKAN hanya jadi penyedap masakan, ini aneka manfaat lemon buat kesehatan.-Lukas-pexels

HARIAN DISWAY - Suatu hari, saya berkunjung ke rumah kolega di Surabaya Barat. Saya disuguhi air lemon. Rasanya kecut di tenggorokan.

''Kok saya diberi air lemon, bukan teh manis saja?'' Karena penasaran, saya bertanya ke kolega itu.

Teman saya itu menjawab, ''Dokter, kalau rajin minum lemon itu, badan bisa sehat. Enggak pernah sariawan. Makan enak, tidur pun nyenyak.''Teman saya bilang, ia selalu dibuatkan segelas jus lemon setiap pagi dan malam.

Lain lagi dengan Bu Tuti. Tiap kali memasak, masakannya pasti diberi tetesan air lemon sebagai penyedap. Sedangkan Bu Rani, setiap bagun pagi, dia selalu minum segelas air lemon jus. Katanya untuk menjaga tubuh langsing dan mencegah penyakit jantung dan batu ginjal.

BACA JUGA: Tujuh Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Sitrun, jeruk sitrun, atau limun, limau, atau lemon adalah jenis jeruk yang biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.


BUKAN hanya jadi penyedap masakan, ini aneka manfaat lemon buat kesehatan.-medical news -

Pohonnya berukuran sedang, hanya sekitar enam meter. Ia tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan sub-tropis. Serta tidak tahan cuaca dingin. Di balik rasanya yang asam, ada banyak sekali manfaat lemon yang sayang dilewatkan.

Lemon mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit jantung. Konsumsi lemon di Indonesia cukup tinggi. Karena asam, lemon jarang dikonsumsi langsung. Lebih sering dicampur dengan makanan atau minuman. Seperti salad atau teh hangat, untuk memberikan cita rasa yang segar.

BACA JUGA: Jarang Orang Tahu, Hobi Berkebun Punya Banyak Manfaat bagi Tubuh

Jeruk lemon merupakan buah yang kaya akan Vitamin C. Dalam 58 gram lemon, terdapat sekitar 30 mg Vitamin C. Kandungan kalori dan karbohidratnya juga rendah.

Menurut World's Healthiest Foods, seperempat cangkir jus lemon mengandung 31 persen asupan vitamin C harian yang direkomendasikan, tiga persen folat, dan dua persen potasium, serta sekitar 13 kilo kalori.

Lemon mentah utuh mengandung 139 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan memiliki 22 kalori. Selain vitamin C, jeruk lemon juga mengandung banyak nutrisi penting lain.

BACA JUGA: Ada Segudang Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: medical news today