Simak! Lima Cara Hapus Data Pribadi Saat Terjerat Pinjol

Simak! Lima Cara Hapus Data  Pribadi Saat Terjerat Pinjol

Cara menghapus data di aplikasi pinjol-Internet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pinjaman online bisa sangat membantu dalam keadaan terdesak. Namun anda perlu bijak dalam mengambil keputusan. Sebab, data pribadi yang anda kirim ke aplikasi tersebut bisa disalah gunakan. Namun terdapat beberapa cara agar data tersebut hilang.

Saat ini banyak kasus seseorang yang sudah terlanjur terjerat utang di pinjol. Ada yang depresi.

Bahkan, ada juga yang memutuskan untuk bunuh diri karena selalu merasa dikejar kejar oleh tagihan pinjol. Beberapa platform pinjol malah menyebar data pribadi nasabah pinjol tersebut.

Untuk terhindar dari itu semua, atur pemakaian Anda di aplikasi pinjol. Jangan sampai Anda terjerat pinjol apalagi platform ilegal.

Pastikan pinjol sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika terlanjur, anda harus segera secepatnya menghapus data Anda dari pinjol.

Sebab, bisa saja data Anda disalahgunakan oleh pinjol tersebut. Namun juga perlu berhati-hati agar data pribadi kita tidak disalahgunakan, karena aplikasi pinjol menyimpan data pribadi kita layaknya aplikasi perbankan.

BACA JUGA: Serbu! Ada Diskon Besar Game AAA di Steam

Ada beberapa cara menghapus data pribadi aplikasi pinjol agar tidak disalahgunakan. Namun perlu diperhatikan, sebelum menghapus data pinjol, pastikan seluruh utang dan bunga yang dibebankan telah dilunasi.

Berikut cara-cara untuk memudahkan pengguna menghapus data pribadi dari aplikasi, bukan untuk lari dari tanggung jawab beban utang.

1. Ajukan permohonan penghapusan data

Setelah memastikan tanggungan utang telah dilunasi, cobalah untuk mengajukan permohonan penghapusan data dengan menghubungi customer service dari aplikasi pinjaman online tersebut.

Hal tersebut  untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan data yang mungkin dapat merugikan Anda.

Jadi, setiap aplikasi pinjol memiliki customer service tersendiri, maka cobalah menghubunginya sesuai dengan aplikasi pinjol yang kalian gunakan.

BACA JUGA: AC Milan vs Newcastle United: Rossoneri Sedekah Satu Poin untuk The Magpies di San Siro

2. Hapus data aplikasi pinjol

Apabila kamu sudah mengajukan permohonan penghapusan data namun belum ada tanggapan, maka juga bisa menghapus data secara mandiri di ponselmu sebagai bentuk antisipasi.

Berikut, caranya:

- Buka pengaturan pada ponselmu

- Kemudian pilih ‘Pengaturan Aplikasi’ dan cari aplikasi pinjaman online yang kamu gunakan

- Selanjutnya, hapus data dengan memilih ‘hapus data dan cache’

- Data Anda berhasil dihapus dari aplikasi pinjaman online.

3. Lakukan pelunasan utang

Jika memang sedang memiliki utang pada pihak pinjaman online tersebut, pastikan untuk melunasi utangnya terlebih dahulu dan juga melunasi bunga dari pinjaman tersebut.

Kalau sudah melakukan pelunasan berarti urusan dengan pihak pinjol sudah selesai dan bisa bebas menghapus data diri dari aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Perbedaan Fitur Pinjol GoPay Pinjam dan GoPay Later, Lebih Menguntungkan yang Mana?

4. Hapus aplikasi pinjol

Jika langkah pertama sudah dilakukan, namun masih khawatir, maka dapat  menghapus data dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi pinjol tersebut.

Dengan begitu, pihak pinjol tidak lagi dapat mengakses seluruh data di dalam ponselmu. Berikut ini caranya:

- Buka menu ‘Pengaturan’ pada ponsel Anda

- Selanjutnya, pilih ‘Aplikasi’.

- Lalu, cari aplikasi pinjaman online yang ingin Anda hapus.

- Pilih ‘Uninstall’

Jadi, dengan meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut akan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan data Anda oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Masih belum yakin data Anda aman?

BACA JUGA: Mau Belanja Hemat? Gunakan Voucher DANA, Begini Caranya...

Maka bisa mengganti SIM card Anda dengan yang baru. Ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh mencegah data pribadi Anda disalahgunakan.

Selanjutnya, untuk mencegah penyebaran data, Anda perlu menonaktifkan seluruh akun media sosial yang Anda miliki untuk sementara waktu.

5. Factory reset

Selanjutnya yakni dengan melakukan factory reset atau pengaturan awal pabrik. Langkah ini cukup ampuh agar data pada aplikasi pinjol tidak bocor.

Hal ini membuat tidak ada data di ponsel Anda yang dapat diretas.

Namun, bila Anda mereset ponsel ke pengaturan awal pabrik artinya seluruh data yang tersimpan di ponsel, termasuk data-data penting yang Anda miliki akan ikut terhapus.

Pastikan untuk mem-back up data yang penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

6. Lapor OJK

Langkah terakhir yang dapat dilakukan, yaitu dengan melaporkan penyalahgunaan data pribadi Anda ke OJK. Pihak OJK akan menerima laporan yang berkaitan dengan pinjaman online ilegal.

Melalui laporan yang Anda sampaikan penelusuran dan tindak lanjut dapat dilakukan.

Berikut ini kontak resmi OJK yang dapat Anda hubungi untuk melaporkan penyalahgunaan data aplikasi pinjol: Situs resmi OJK di ojk.go.id.

Alamat email OJK di [email protected]. WhatsApp OJK di nomor 081-157-157. Kontak resmi OJK di nomor 157. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: