Napas Bau Bawang Putih? Makanlah yang Satu Ini untuk Menghilangkannya

Napas Bau Bawang Putih? Makanlah yang Satu Ini untuk Menghilangkannya

Napas bau bawang putih ternyata tak sulit menghilangkannya lo. Cukup dengan makan yogurt. -iStock-iStock

HARIAN DISWAY - Bawang putih selalu digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Apalagi untuk orang yang sangat gemar bawang putih, lebih cenderung rasa bawang putih dibanding menu utamanya.

Namun, bagaimana cara menghilangkan bau menyengat setelah makan bawang putih?

Peneliti dari Ohio State University menemukan makanan yang mampu untuk menghilangkan napas yang berbau bawang putih. Apa itu? Yogurt jawabannya.

BACA JUGA: Menu Menggunakan Bawang Merah Ini Cocok Buat Anak Kos Pas Tanggal Tua

Yogurt dan bahan-bahannya mampu menetralkan persentase senyawa volatil bawang putih goreng yang lebih rendah dibandingkan dengan bawang putih mentah.

Mungkin karena ada lebih sedikit volatil untuk dijebak daripada yang ada dalam cengkeh mentah.

Hasil dari penelitian menyatakan bahwa yogurt saja bisa mengurangi sebanyak 99 persen dari volatil bawang putih mentah penghasil bau utama.

Komponen lemak, air dan protein yogurt juga memiliki efek penghilang bau pada bawang putih mentah, tetapi lemak dan protein berkinerja lebih baik daripada air.

"Manfaat samping yang tidak diinginkan mungkin formulasi protein tinggi yang dapat diiklankan sebagai pewangi napas selain klaim nutrisinya," kata Sheryl Barringer, profesor ilmu dan teknologi pangan dari The Ohio State University.

Dilakukan penelitian oleh Sheryl Barringer dan mahasiswinya, Manpreet Kaur, dengan memasukkan bawang putih mentah dalam jumlah yang sama ke dalam botol kaca.

BACA JUGA:Tertawa Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung?

Untuk menjebak konsentrasi bau berbasis sulfur yang cukup untuk aroma yang mencekat. Makanan yang mengandung jumlah lemak mentega lebih tinggi itu cukup bahkan lebih efektif dalam menghilangkan bau.

"Kita tahu protein mengikat rasa, sering kali itu dianggap negatif, terutama jika makanan dengan protein tinggi memiliki rasa yang lebih sedikit. Dalam hal ini, bisa jadi positif," tambahnya.

Barringer juga mencatat bahwa apel, mint, selada dan susu adalah yang terbaik dalam memerangi napas yang berbau bawang putih.

"Dengan apel kami selalu mengatakan untuk memakannya segera. Sama dengan yogurt dianggap demikian, makan bawang putih Anda dan makan yogurt segera," kata Barringer. (Riviera Michelle)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: