Asian Games 2022 Resmi Dibuka, Indonesia Target Finis 10 Besar

Asian Games 2022 Resmi Dibuka, Indonesia Target Finis 10 Besar

Defile kontingen Indonesia di opening ceremony Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAY - Asian Games 2022 telah dimulai. Opening ceremony berlangsung meriah pada Sabtu, 23 September 2023 malam di National Stadium Hangzhou, Tiongkok.

Acara tersebut menjadi ajang pamer Hangzhou sebagai kota teknologi tanpa melupakan unsur budaya-budaya tradisional. Segala pertunjukan seni Tiongkok disajikan secara modern dengan bantuan teknologi tinggi.

Tentunya, sesuai tradisi, opening ceremony juga menampilkan defile kontingen dari negara-negara peserta. Kontingen Indonesia mengusung keberagaman budaya dalam arak-arakan tersebut.

BACA JUGA: Hernanda Zulfi dan Nandhira Mauriskha Jadi Pembawa Bendera Indonesia di Opening Ceremony Asian Games 2022

Ada sekitar 100 perwakilan atlet yang ikut dalam opening ceremony. Mereka berasal dari cabang olahraga (cabor) renang, voli indoor, judi, tenis, skateboard, tinju, anggar, taekwondo, hockey, rowing, modern pentathlon, hingga wushu.

Wakil Chef de Mission (CdM) Indonesia Jadi Rajagukguk memimpin kontingen Indonesia. Menurut keterangan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), CdM Asian Games 2022 Basuki Hadimuljono baru tiba di Tiongkok pada Minggu, 24 September 2023.


Defile kontingen Indonesia di opening ceremony Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

Atlet voli indoor putra Hernanda Zulfi dan atlet wushu putri Nandhira Mauriska menjadi pembawa bendera Indonesia. Hernanda mengenakan baju adat Rote, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Nandhira menggunakan baju kurung adat Betawi.

BACA JUGA: Hasil Indonesia vs Chinese Taipei: Kekalahan Pertama Skuad Garuda di Asian Games 2023

''Sudah sepatutnya kami turut memperkenalkan kepada dunia keberagaman Indonesia melalui momentum Asian Games ini,'' Jadi dalam keterangan resminya.

Asian Games 2022 ini mengalami penundaan setahun. Edisi ke-19 ini berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Sebelum upacara pembukaan, sudah ada beberapa cabor yang memulai pertandingan. Seperti sepak bola dan bola voli.

Asian Games 2022 mengusung tema Heart of Heart. Ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dengan rincian 61 disiplin dan 481 nomor pertandingan. Total ada 64 negara yang menjadi peserta.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-24 vs Kirgistan di Asian Games: Dua Gol Tanpa Balas!

Kontingen Indonesia mengirimkan 413 atlet dan 135 ofisial ke Asian Games 2022. Mereka tersebar dalam 30 cabang olahraga, 41 disiplin, dan 202 nomor pertandingan. Indonesia ditargetkan masuk 10 besar Asian Games 2022 oleh Presiden Joko Widodo. Jumlah emasnya tidak ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: